Oase  

Pentingnya Memilih Teman yang Membawa pada Ketaatan

Kita ingin memiliki teman yang dapat membawa kita pada ketaatan dan bukan yang menjauhkan kita dari jalan Allah

Kita ingin memiliki teman yang dapat membawa kita pada ketaatan dan bukan yang menjauhkan kita dari jalan Allah

DEPOKPOS – Sejak dahulu kita sudah paham betul bahwa manusia merupakan makhluk sosial yang saling bergantung satu sama lain. Dalam kehidupan sehari-hari tentu tidak terlepas dengan adanya orang lain di sekitar kita. Dengan adanya orang-orang yang hadir, tanpa sadar hal tersebut dapat mempengaruhi kita, yang tercermin dalam perilaku-perilaku, baik itu positif maupun negatif.

Selain orang tua dan keluarga, teman merupakan salah satu yang dapat mempengaruhi perilaku kita. Tentu, kita ingin memiliki teman yang dapat membawa kita pada ketaatan dan bukan yang menjauhkan kita dari jalan Allah SWT. Oleh karena itu, kita perlu berhati-hati dalam memilih teman.

“Perumpamaan teman yang baik dengan teman yang buruk bagaikan penjual minyak wangi dengan pandai besi, ada kalanya penjual minyak wangi itu akan menghadiahkan kepadamu atau kamu membeli darinya atau kamu mendapatkan aroma wanginya. Sedangkan pandai besi ada kalanya (percikan apinya) akan membakar bajumu atau kamu akan mendapatkan aroma tidak sedap darinya.” (HR. Al-Bukhari: 5108, Muslim: 2628), Ahmad:19163)

BACA JUGA:  Tips Mudah Menghafal Al-Qur'an

Hadist tersebut menjelaskan bahwa kita perlu mengetahui dengan siapa kita berteman. Jika berteman dengan penjual minyak wangi, ada kalanya membuat kita ikut mendapat wanginya. Artinya, berteman dengan orang Beriman dan Taat kepada Allah dapat membuat kita ikut membawa manfaat dan kebaikan dalam hidup kita, tidak hanya di dunia tetapi juga di akhirat.

Kebalikannya, apabila kita berteman dengan si pandai besi ada kalanya percikan apinya akan membakar baju atau kita mendapatkan aroma tidak sedap darinya. Artinya, ketika berteman dengan orang memiliki perilaku buruk dan jauh dari perintah Allah, maka bukan tidak mungkin kita akan ikut dengan perilaku yang buruk dan jauh dari Allah yang kelak hal tersebut dapat menghancurkan diri kita.

Manfaat yang dapat diterima ketika berteman dengan orang yang Sholeh tidak hanya kita dapatkan di dunia saja, tetapi dengannya kita akan dikumpulkan bersama di Surga Allah kelak, seperti pada Sabda Nabi Muhammad SAW, “Setiap orang akan dikumpulkan bersama orang yang ia cintai.” (HR. Bukhari dan Muslim).

BACA JUGA:  Tips Mudah Menghafal Al-Qur'an

Kita tahu betul bahwa manusia tidak luput dari dosa, dan hanya di Yaumul Hisab nanti kita akan tahu apakah kita berhak untuk memasuki Surganya Allah atau tidak. Oleh karena itu, salah satu keutamaan berteman dengan orang yang Sholeh ialah ketika di dunia kita diingatkan untuk menjauhi dosa dan taat dengan perintah Allah, sedangkan di akhirat mereka juga lah yang dapat memberi Syafaat agar dapat memasuki surganya Allah bersama-sama.

Diriwayatkan bahwa apabila penghuni surga telah masuk ke dalam surga, lalu mereka tidak menemukan sahabat-sahabat yang selalu bersama mereka dahulu di dunia, maka bertanyalah mereka tentang sahabat-sahabat itu kepada Allah SWT.

”Ya Rabb, kami tidak melihat sahabat-sahabat kami yang sewaktu di dunia sholat bersama dengan kami, puasa bersama kami dan berjuang bersama kami.” Maka Allah berfirman, ”Pergilah ke neraka, lalu keluarkan sahabat-sahabatmu yang di hatinya ada iman walaupun hanya sebesar zarah.” (HR Ibnul Mubarak, dalam kitab Az Zuhd).

BACA JUGA:  Tips Mudah Menghafal Al-Qur'an

Maka penting bagi kita untuk tahu dengan siapa kita berteman, karena itu merupakan salah satu yang menentukan perilaku kita kepada Allah. “Perbanyaklah berteman dengan orang-orang yang beriman. Karena mereka memiliki syafaat pada hari kiamat.” (Ma’alimut Tanzil).

Dan bagi orang-orang yang telah memiliki teman yang menuntun pada ketaatan, jangan biarkan mereka lepas dari genggamanmu. Seperti yang di nasihatkan Imam Syafi’i “jika engkau memiliki teman yang selalu membantumu dalam rangka ketaatan kepada Allah, maka peganglah erat-erat dia, jangan engkau lepaskan. Sebab mencari teman baik itu susah, tetapi melepaskannya sangat mudah sekali.”

Leli Adelia