Bank Syariah dan Perekonomian Islam Di Indonesia

Ditulis oleh: Nabiilah Nur Shabrina, Mahasiswi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Menurut pengetahuan dalam dunia perbankan, Bank Syariah merupakan bank yang beroperasi dengan prinsip Syariah. Selain itu, dalam operasionalnya Bank Syariah juga diatur oleh hukum yang berlaku di Indonesia tentang perbankan Syariah. Bank Syariah Indonesia merupakan gabungan dari tiga bank syariah BUMN, yakni PT Bank BRI syariah, PT Bank Mandiri Syariah, dan PT Bank BNI Syariah.

Dan dalam kinerjanya perbankan syariah sangat mengoptimalkan dengan adanya layanan untuk mempersatukan dari berbagai bank-bank lainnya untuk membangun pertumbuhan ekonomi syariah Indonesia. Direktur Utama BSI Hery Gunardi menyatakan bahwa adanya suatu pengakuan dari suatu pihak yang menjadikan motivasi bagi BSI untuk terus berupaya mencetak kinerja gemilang dan mendorong pengembangan ekonomi.

“Itu menjadi motivasi untuk meningkatkan layanan kepada nasabah dan masyarakat luas serta mendorong pengembangan ekonomi syariah demi kesejahteraan umat di masa mendatang,” katanya dalam pembicaraan tentang keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Kamis.

Menurut Wikipedia Perbankan syariah atau perbankan Islam (al-Mashrafiyah al-Islamiyah) adalah suatu sistem perbankan pelaksanaannya berdasarkan hukum islam (syariah). Pembentukan sistem ini berdasarkan adanya larangan dalam agama islam untuk meminjamkan atau memungut pinjaman dengan mengenakan bunga pinjaman (riba), serta larangan untuk berinvestasi pada usaha-usaha yang bersifat (haram).

Menurut Sudarsono, bahwa  Bank Syariah adalah lembaga keuangan negara yang memberikan kredit dan jasa-jasa lainnya di dalam lalu lintas pembayaran dan juga peredaran uang yang beroperasi dengan menggunakan prinsip-prinsip syariah atau Islam.

Bank syariah sendiri merupakan bank yang berpengaruh dalam perekonomian indonesia yang dimana jika semakin besar pembiayaan yang diberikan oleh perbankan syariah akan menyebabkan kenaikan pada pertumbuhan ekonomi indonesia. Serta, Perbankan syariah sendiri memiliki peran yang  penting juga dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi Indonesia, karena dapat menumbuhkan sektor investasi melalui dana pihak ketiga (DPK) dan menumbuhkan pembiayaan melalui pembiayaan yang diberikan (PYD) kepada masyarakat.

Jadi, menurut pendapat saya perbankan syariah merupakan bank sangat penting serta berpengaruh juga dalam perekonomian Indonesia, disamping dengan adanya bank yang lain seperti bank sentral, bank umum maupun bank konvensional. Karena, perbankan syariah pula dapat mendorong lajunya pertumbuhan ekonomi dengan cepat seperti adanya kontribusi investasi dari perusahaan-perusahaan atau dana dari pihak ketiga. Serta, perbankan syariah ini melestarikan apa yang sudah diajarkan dalam kitab suci alqur’an yang dimana mengajarkan bahwa adanya pelarangan meminjamkan atau memungut pinjaman dengan mengenakan bunga pinjaman (riba), dan larangan untuk berinvestasi pada usaha-usaha yang bersifat haram, seperti berinvestasi untuk hal-hal yang tercela dan merugikan umat manusia.  []

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.