10 Tips Menghafal Al-Qur’an dengan Mudah Bagi Pemula

Ada banyak cara agar menghafal Al-Qur’an bisa menjadi lebih mudah

DEPOKPOS – Menghafal Al-Qur’an adalah suatu kegiatan yang jika di lakukan akan memiliki keutamaan-keutamaan tersendiri. Namun kegiatan ini tentu bukanlah hal yang mudah bagi semua orang terutama bagi pemula.

Menghafal Al-Qur’an membutuhkan kesabaran, keinginan yang kuat serta ketulusan agar ayat-ayat yang telah di hafalkan memperoleh kemanfaatan serta keberkahan.

Ada banyak cara agar menghafal Al-Qur’an bisa menjadi lebih mudah. Berikut adalah tips mudah menghafal Al-Qur’an:

1. Mengawali dengan niat yang tulus

Hal yang paling penting dalam menghafal Al-Qur’an adalah mengawalinya dengan niat yang tulus. Menghafal Al-Qur’an bukanlah sesuatu yang bisa di lakukan dengan mudah, maka dari itu niat adalah hal yang paling utama sebagai dasar untuk melakukan kegiatan menghafal.

Niat yang tulus akan menghasilkan hal yang baik pada akhirnya yaitu berupa kemanfaatan serta keberkahan.

2. Keinginan yang kuat

Keinginan yang kuat dalam menghafal Al-Qur’an adalah langkah selanjutnya setelah niat yang tulus. Butuh waktu yang tidak sebentar dalam menghafal Al-Qur’an, niat tulus tanpa keinginan yang kuat pada akhirnya akan membuat kita tidak bersungguh-sungguh dalam menghafal.

BACA JUGA:  Mengapa Semakin Dewasa Semakin Sedikit Memiliki Lingkaran Sosial yang Luas?

3. Melakukan sholat hajat dan berdo’a meminta kemudahan dalam menghafal erdo’a meminta kemudahan dalam menghafal

Selain berusaha, berdo’a adalah hal yang penting dalam mengusahakan sesuatu. Sholat hajat merupakan sholat sunnah yang sangat di anjurkan jika kita akan melakukan hal yang kita anggap penting.

Maka dari itu berdo’a dan melakukan sholat hajat secara rutin juga merupakan langkah yang dianjurkan agar hafalan kita menjadi lebih mudah.

4. Memilih waktu dan tempat yang tepat

Dalam menghafal Al-Qur’an kita juga harus memilih waktu dan tempat yang tepat. Usahakan memilih tempat yang membuat kita nyaman dan tidak mengganggu proses hafalan kita.

Waktu juga harus di perhatikan, setiap orang mempunyai waktu tersendiri yang membuat mereka merasa bersemangat dalam melakukan sesuatu. Jadi pilih waktu-waktu yang membuat kita mudah menyerap hafalan kita. Namun ada beberapa waktu yang di anjurkan seperti waktu subuh, waktu antara magrib dan isya, serta waktu sebelum tidur.

BACA JUGA:  Definisi, Jenis dan Dalil Tentang Riba

5. Menggunakan metode hafalan yang di kuasai

Banyak sekali metode hafalan yang mungkin di anjurkan oleh beberapa Ulama seperti mengulang dengan membaca lima sampai tujuh kali lalu di hafal lima sampai tujuh kali.

Tapi gunakan metode hafalan yang membuat kita nyaman dan mudah menyerap hafalan kita. Tidak perlu terpaku pada banyak metode-metode yang kita mungkin merasa sulit melakukannya.

6. Menggunakan satu mushaf

Tips ini pernah saya dengar dari seorang penghafal asal Mesir. Beliau mengatakan gunakan satu mushaf saja untuk kita menghafal walaupun mushaf tersebut mungkin sudah koyak dan sudah jelek karena sering di pakai.

Ini dikarenakan mata kita akan secara otomatis merekam bagaimana struktur penulisan mushaf tersebut, maka dari itu hal ini dapat membuat proses menghafal kita menjadi semakin mudah.

7. Meminta orang lain menyimak hafalan kita

Meminta orang lain menyimak hafalan kita akan membuat kita mengetahui kemampuan kita dalam menghafal. Maka biasanya para penghafal Al-Qur’an pada satu waktu akan berkumpul dan meminta satu sama lain untuk menyimak hafalan mereka masing-masing.

BACA JUGA:  Pentingnya Menjaga Tali Silaturahmi

8. Muroja’ah

Walaupun kita merasa sudah lancar dalam menghafal, muroja’ah adalah kegiatan yang sangat penting dalam proses menghafal. Muroja’ah sendiri merupakan proses terus menerus mengulang hafalan secara rutin setiap harinya agar kita tidak melupakan hafalan kita.

9. Mengkonsumsi atau memakai bahan dan makanan tertentu yang bisa mempermudah hafalan

Salah satu rahasia penghafal Al-Qur’an adalah biasanya mereka memakai atau memakan makanan tertentu untuk memperlancar proses menghafal mereka.

Beberapa contohnya yang di anjurkan oleh para Ulama adalah seperti menggunakan madu, habbatussauda, susu sapi, air zam-zam, ikan segar , minyak zaitun, kismis atau anggur kering, daun mint serta kayu manis.

Terkhusus untuk kayu manis, tips menggunakan kayu manis ini saya dapatkan langsung dari Guru saya. Beliau mengatakan menghirup kayu manis sambil menghafal akan meringankan otak kita dan membuat proses menghafal menjadi lebih lancar.