Meraih Pahala dengan Sabar

Meraih Pahala dengan Sabar

Banyak keutamaan yang akan kita dapat jika melakukan suatu hal yang cara menyikapinya dengan sabar.Allah SWT menjelaskan keutamaan sabar melalui firman-nya dalam Al-Quran.

Sabar adalah menahan diri dari berbagai keadaan lapang (baik) maupun hawa nafsu. Dan beberapa hadist menjelaskan bahwa akhlak meupakan inti dari sabar.

Bacaan Lainnya

Dalam riwayat imam bukhari mengatakan ‘’ tidak ada seorangpun yang dianugrahi sesuatu yang lebih baik dan lebih luas melebihi kesabaran’’

Barangsiapa yang berusaha menjaga diri, maka Allah menjaganya, barangsiapa yang berusaha merasa cukup, maka Allah mencukupinya. Barangsiapa yang berusaha bersabar, maka Allah akan menjadikannya bisa bersabar dan tidak ada seorang pun yang dianugerahi sesuatu yang melebihi kesabaran.” (HR. al Bukhari No 1469).

BENARKAH SABAR ADA BATASNYA?

dijelaskan dalam surat az-zumar ayat 10

قُلْ يٰعِبَادِ الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوْا رَبَّكُمْ ۗلِلَّذِيْنَ اَحْسَنُوْا فِيْ هٰذِهِ الدُّنْيَا حَسَنَةٌ  ۗوَاَرْضُ اللّٰهِ وَاسِعَةٌ  ۗاِنَّمَا يُوَفَّى الصّٰبِرُوْنَ اَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ

Katakanlah (Nabi Muhammad), “Wahai hamba-hamba-Ku yang beriman, bertakwalah kepada Tuhanmu.” Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini akan memperoleh kebaikan. Bumi Allah itu luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang disempurnakan pahalanya tanpa perhitungan. (QS Az-Zumar: 10)

Ayat diatas menjelaskan bahwa allah memerintahkan kepada rasulnya untuk menyeru hamba allah dan menasehati agar tetap bertakwa kepada allah. Yang mentaati perintahya dan menjauhi larangannya.

3. tingkatan sabar :

(ishbiru) sabar dalam ati siap mental dalam menghdapi berbagai kesulitan.
(shabiru) sabar dalam arti ulet dan istiqomah dalam mencari jalan keluar.
(rabithu) sabar dalam arti tetap waspada terhadap berbagai kemungkinan.

5. Keutamaan sabar

Oang sabar akan senantiasa besama Allah SWT.
Sabar adalah ladang pahala tanpa batas.
Orang sabar adalah oang- orang yang mulia.
Sabar membuat diri kita lebih perhatian tehadap kekuasaan Allah SWT.
Segala sesuatu yag dihadapi oleh orang sabar adalah baik.

Sabar bisa diklasifikasikan menjadi lima, yaitu sabar dalam ketaatan, sabar dalam menjauhi kemaksiatan, sabar dalam menerima dan menghadapi musibah, sabar dalam menuntut dan mengembangkan ilmu, serta sabar dalam bekerja dan berkarya.

Karna allah tidak akan memberikan ujian diatas kemampuan seorang hambanya, semoga kita dimasukan kedalam golongan orang-orang sabar.

Imelda triwahyuni

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait