Cara Melunasi Hutang yang Menumpuk

Cara Melunasi Hutang yang Menumpuk

DEPOK POS – Dalam perhutangan juga banyak orang yang melakukan sistem ‘gali lubang tutup lubang’ Apa itu gali lubang tutup lubang? Menyelesaikan hutang dengan gali lubang tutup lubang (alias: cari hutangan lagi untuk menutupi hutang yang lain), bukan menyelesaikan masalah, tetapi sebenarnya menambah masalah. Ada pepatah mengatakan “Hutang itu candu sekali terbiasa akan terjebak di lingkaran setan”
Maka dari itu dimana kalanya jika sudah berhutang kita harus membayar hutang tersebut dengan waktu yang telah di sepakati oleh yang berhutang maupun yang memberikan hutang, dengan adanya artikel ini saya ingin memberikan tips untuk bayar hutang agar terhindar dari “gali lubang tutup lubang”.
Berikut tipsnya nya:
– Mencari penghasilan tambahan Jika terlilit hutang hal mudah lainnya selain menabung adalah dengan cara mencari pendapatan lebih, gunakan skill yang ada dan bekerjalah yang giat untuk mendapatkan lebih banyak uang untuk melunasinya.
– Prioritaskan hutang Jadikan hutang sebagai prioritas utama karna Ingatlah selalu bahwa hutang itu harus kita bayarkan, sebagai manusia yang cerdas kita harus memiliki perasaan tanggung jawab dalam diri kita, Selain pengeluaran untuk kebutuhan,
– Pengeluaran untuk membayar hutang juga penting, maka dari itu buatlah daftar prioritas dari pengeluaran kita dengan membayar cicilan hutang berada di urutan atas. Kalau kita lebih mengutamakan membayar cicilan hutang maka kita akan menjadi lebih teliti ketika mengelola uang bulanan. Kita bisa menghemat di beberapa pos kebutuhan yang bukan prioritas untuk membayar cicilan hutang itu.
– Bayar kapan saja Usahankan jangan berpatokan dengan tempo yang sudah di tentukan , Jika mempunyai uang sebelum temponya maka bayar lah segera, Sisihkan pengeluaran harian atau bulanan kita dan mulailah hemat dan mengurangi kegiatan atau kebiasaan yg dapat mengeluarkan uang banyak. [Serli Apriyanti]

Pos terkait