oleh

Begini Pendapat Orang Tua Siswa Terkait Pembelajaran Tatap Muka pada 2021 Mendatang

Hadirnya pandemi Covid-19 di Indonesia, mengakibatkan hampir seluruh kegiatan di berbagai sektor harus dilakukan secara daring, tak terkecuali sektor Pendidikan. Pembelajaran yang biasanya dilakukan secara tatap muka di kelas, beralih dilakukan di rumah masing-masing secara online.

Setelah kurang lebih 9 bulan para pelajar menyelenggarakan pembelajaran tatap muka, November lalu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim menyatakan bahwa pemerintah telah memperbolehkan pelaksanaan pembelajaran tatap muka kembali. Dilansir melalui website edukasi.kompas.com, Nadiem menyatakan bahwa pelaksanaan akan dimulai kembali pada Januari 2021. Ia menghimbau bagi pemerintah dan pihak sekolah diharapkan mempersiapkan diri bila akan menyelenggarakan kegiatan pembelajaran tatap muka kembali.

BACA JUGA:  Menu Makanan Terjangkau dalam Meningkatkan Imunitas Pada Masa Pandemi COVID-19

Saat kebijakan ini dikeluarkan, tak sedikit orang tua siswa merasa khawatir bila pembelajaran tatap muka diselenggarakan dalam waktu dekat. Bagaimana tidak, kasus Covid 19 di beberapa wilayah Dimulainya kembali pembelajaran secara tatap muka pada 2021 tentu mengundang pro kontra di beberapa wilayah di Indonesia sendiri saat ini cenderung meningkat.

“Kurang setuju. Yang saya lihat juga pembelajaran daring ini cukup efektif daripada harus datang ke kampus dan beresiko tertular,” ujar Didiek Priyanto selaku orang tua mahasiswa Universitas Telkom di Kota Bandung.

BACA JUGA:  Fenomena Hustle Culture

Namun tidak jarang juga orang tua siswa yang mendukung kebijakan ini, karena bagi orang tua khususnya orang tua pada anak tingkat Sekolah Dasar, mereka berpendapat bahwa pembelajaran secara daring justru lebih sulit dipahami sang anak ketimbang pembelajaran secara langsung.

“Saya setuju, karena anak SD masih perlu bimbingan gurunya jadi agak susah kalau harus belajar dirumah terus,” ujar Sulistyorini selaku orang tua siswa di salah satu SDIT AL Ikhlas di Kabupaten Magetan.

BACA JUGA:  Pembukaan Sekolah Kembali di Masa Pandemi

Meskipun kebijakan ini tengah menuai pro dan kontra di kalangan orang tua siswa, pemerintah dan pihak sekolah harus mempersiapkan sedini dan sebaik mungkin bila memang benar pembelajaran tatap muka akan segera dibuka pada Januari 2021 mendatang.

*Amelia Dieka Pradana, mahasiswi semester 5 jurusan Digital Public Relations Telkom University. 

Komentar

Berita lainnya