oleh

Tips Mengelola Keuangan untuk Menyambut Tahun Baru

Tahun 2020 menjadi tahun yang berat bagi banyak orang. Pandemi COVID-19 yang mewabah di Indonesia sangat mengganggu sendi perekonomian masyarakat. Menurut Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, tercatat 706.837 orang yang terkonfirmasi positif per 25 Desember 2020. Pandemi yang terjadi berakibat pada menurunnya penghasilan dan belanja rumah tangga, juga meningkatnya angka kemiskinan dan pengangguran. Pandemi ini sangat memberikan dampak signifikan terhadap perekonomian Indonesia dan stabilitas keuangan. Dari tahun ini kita belajar untuk memperbaiki pengelolaan dan lebih mempersiapkan keuangan untuk masa yang akan datang. Berikut beberapa tips dalam mengelola keuangan:

Buat Anggaran Keuangan
Pentingnya membuat anggaran agar lebih mudah dalam mengatur keuangan. Berapa penghasilan yang didapat dan berapa pengeluaran yang harus dibayarkan. Buatlah anggaran untuk harian, mingguan, dan bulanan. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk mengotrol aliran dana yang keluar.

BACA JUGA:  Waspadai Dampak Alergi Susu Sapi pada Tumbuh Kembang Aanak

Pisahkan Pos Pengeluaran
Banyak yang menerapkan sistem 50-30-20 untuk membatasi pengeluaran. 50% untuk kebutuhan dasar seperti makan, transportasi, listrik, hutang, dan lain-lain. 30% untuk tabungan, baik uangnya disimpan sebagai dana darurat atau diinvestasikan, dan 20% untuk keinginan seperti liburan, membeli perhiasan, dan lain-lain.

Mencari Penghasilan Tambahan
Kebutuhan dan biaya hidup akan semakin tinggi seiring berjalannya waktu. Maka dari itu, mencari penghasilan tambahan menjadi hal yang penting. Selain gaji yang didapat dari pekerjaan tetap, kita dapat mencoba memulai bisnis atau menjadi reseller dari bisnis orang lain. Juga dapat menjadi freelancer, banyak situs yang menyediakan pekerjaan untuk freelancer. Dengan jam kerja fleksibel, uang yang di dapat juga lumayan untuk menambah penghasilan.

BACA JUGA:  Waspadai Dampak Alergi Susu Sapi pada Tumbuh Kembang Aanak

Mulai Investasi
Investasi sedang marak dilakukan di masa pandemi ini. Banyak masyarakat yang mulai mencoba berinvestasi untuk menjaga uang yang dimiliki. Investasi yang bisa dilakukan seperti nabung emas, nabung saham, reksadana, asuransi dan lain-lain. Terlebih zaman sekarang sudah dimudahkan oleh canggihnya teknologi. Investasi dapat dilakukan hanya dari smartphone menggunakan aplikasi yang dibuat oleh penyedia investasi.

BACA JUGA:  Waspadai Dampak Alergi Susu Sapi pada Tumbuh Kembang Aanak

Dari beberapa tips di atas, yang perlu diperhatikan juga adalah sikap disiplin dari pribadi masing-masing dalam mengelola keuangan. Tidak boros, bijak, dan dapat mengendalikan diri dalam membelanjakan uang. Untuk membeli kebutuhan sekunder atau tersier misalnya, pastikan uang yang kita miliki 5-10 kali lipat dari harga barang yang ingin dibeli. Dan jangan lupa bersyukur, karena sebanyak apapun harta yang dimiliki, akan terasa sedikit jika tidak pandai bersyukur. Semoga tips di atas bermanfaat dan dapat membantu untuk mengelola keuangan guna mempersiapkan masa depan dan merdeka secara finansial.

Penulis: Ayu Safira, Mahasiswi STEI SEBI
Penerima Beasiswa Sarjana Muamalat

Komentar

Berita lainnya