oleh

Agar Tetap Produktif di Masa Pademi

Oleh: Ade Nurseha, Mahasiswa STEI SEBI.

Covid-19 menjadi hal yang sangat ramai diperbincangkan dinegara kita sampai menjadi perbincangan hangat diseluruh dunia. Karena , pada dasarnya virus tersebut dapat dikatakan sebagai virus yang berbahaya dan bahkan mematikan. Tentunya ini menjadi sesuatu yang sangat meresahkan dan menakutkan.

Dimasa pademi ini tentu menimbulkan banyak dampak kerugian yang disebabkan sebagai contoh, terhambatnya dari sektor perekonomian, pariwisata, industri, kuliner, transportasi dan bahkan sangat menghambat pula pada sektor pendidikan. Untuk seorang yang terjun dalam bidang pendidikan seperti dosen, guru, mahasiswa, siswa tentunya sangat merasakan sekali dampak dari adanya covid tersebut.

Karena, semua kegiatan belajar mengajar hanya dapat kita lakukan didalam rumah hingga pemerintah mengeluarkan kebijakan WFH (Work From Home) bagi semua masyarakat yang berkerja diluar. Selain itu pemerintah pun mengeluarkan kebijakan PJJ (perkuliahan jarak jauh) bagi mahasiswa. Tidak haya itu, berbagai kebijakan pun terus pemerintah keluarkan seperti Physical Distansing (jaga jarak) dan PSBB (pembatasan sosial berskala besar) dengan tujuan untuk mematikan mata rantai virus tersebut.

Tentunya hal tersebut sangat membosankan, dan untuk mahasiwa atau siswa mungkin tidak semua orang dapat memahami materi dari hal tersebut dikarenakan kendala dari beberapa faktor seperti kurangnya dorongan dalam pembelajaran, fasilitas yang kurang memadai, dan terlebih koneksi internet yang kadang terganggu di sebagian orang yang berpenduduk didesa. Dampak lain terhampatnya dari segi jual beli yang dapat dikatakan sebagai salah satu ancaman bagi mata pencaharian masyarakat. Tetapi hal tersebut dapat kita perbaiki dimasa pademi ini. Berikut adalah tips-tips bagi yang dapat kita lakukan selama pademi ini agar menjadi pribadi yang produktif. Antara lain :

Buat daily activities
Buatlah daily activities kalian dari bangun tidur sampai kalian tidur kembali. Artinya, 24 jam kegiatan yg akan kalian lakukan. Tujuan dari adanya daily aktivities tersebut adalah membuat hari-harimu menjadi lebih terarah dengan hal-hal positif yang akan kamu jalani. Setelah itu bisa kamu tempelkan activities daily yang sudah kamu buat di kamar atau bahkan di ponselmu agar kamu selalu membacanya. Lalu buatlah rewards tersendiri untuk diri kamu apabila berhasil melakukanya. Dengan hal tersebut harimu menjadi sangat terarah dan produktif tentunya.

Luangkan waktumu untuk berolahraga
Tujuannya agar badanmu menjadi lebih sehat serta imun dan kekebalan tubuhmu pun terjaga.

Lakukan aktivitas yang kamu sukai
Misalkan jika kamu mempunyai hobby bernyanyi teruslah asah kemampuan bernyanyimu, jika kamu mempunyai hobby melukis teruslah latih kemampuan mu setiap harinya. Karena, dengan melakukan hal yang kita sukai itu menjauhan kita dari kata bosan.

Ikuti kegiatan-kegiatan online yang bermanfaat
Tentunya dimasa pademi seperti ini banyak sekali link-link yang dapat kita ikuti seperti contoh mengikuti seminar-seminar online, mengaji online, belajar online, atau mengikuti kelas-kelas belajar privat online.

Mereview materi
Untuk pelajar atau mahasiswa Ini menjadi hal yang bagus karena dengan banyaknya waktu kalian dirumah, kalian bisa membuka kembali materi-materi yang dahulu yang mungkin saat ini kalian sudah lupa dan mengkaji ulang materi tersebut atau bahkan belajar kelompok dengan teman-teman mu via online.

Komentar

Berita lainnya