oleh

Mengenal Inflasi dan Indikator Terjadinya

Suatu negara dengan berbagai masalah yang begitu kompleks mengharuskan semua orang dapat bergerak maju dalam menyelesaikannya. Bukanlah masalah yang sederhana, masalah dalam sebuah negeri sangat banyak jenisnya, termasuk masalah ekonomi. Sebut saja induk dari semua masalah. Sebab masalah ekonomi sudah ada sebelum adanya masalah lebih kompleks lagi, masalah yang bila tidak tuntas dalam penyelesaiannya, maka akan melahirkan masalah lainnya.

Dalam ekonomi akan menemukan masalah dalam ekonomi, yaitu masalah ekonomi mikro dan ekonomi makro. Kedua ruang lingkup yang begitu erat dalam kehidupan ekonomi. Masalah ekonomi mikro biasa ditemukan masalah konsumsi dan produksi, sedangkan makro berkaitan dengan masalah ekonomi secara luas seperti inflasi.

Inflasi adalah suatu keadaan dimana harga suatu barang/jasa meningkat dalam waktu yang lama. Dalam ilmu ekonomi dikutip dari Wikipedia.org bahwa inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus-menerus berkaitan dengan mekanisme pasar yang disebabkan oleh berbagai factor. Akan tetapi arti inflasi sebenarnya tidak secara signifikan seperti diatas, menurut Irving Fisher dalam bukunya yang berjudul The Debt Deflation Theory Of Great Defressions, Fisher The Purchasing Power Of Money inflasi itu dipengaruhi oleh pertambahan uang yang beredar dan anggapan masyarakat terhadap kenaikan harga. Dalam teori ini, kenaikan harga suatu barang menyeimbangkan dengan jumlah uang yang beredar atau diproduksi.

Sedangkan menurut Rachmad Rizqy Kurniawan, SEI, MM salah satu dosen mata kuliah Ekonomi Makro di STEI SEBI Depok mengemukakan dalam kuliah online sejak 8 Juni 2020 hingga 29 Juni 2020 bahwa Inflasi berarti suatu keadaan dimana nilai mata uang menurun atau bahkan jatuh, dimana disebabkan oleh percetakan atau peredaran mata uang yang tidak proporsional dan tidak terkendali sehingga menyebabkan harga suatu barang/jasa meningkat. Padahal barang itu masih sama saja baik rupa, bahan maupun asal.

Singkatnya, inflasi terjadi karena peredaran uang yang tidak terkendali. Pernah terjadi inflasi disuatu masa dari sebuah negara bernama Zimbabwe, disaat itu nilai mata uang mereka begitu tak bernilai sehingga dalam membeli satu butir telur saja harus mengeluarkan uang berjuta-juta rupiah.

Adapun penyebab inflasi itu sendiri yaitu diantaranya:

  • Langkanya jumlah barang akibat permintaan yang kemudian harga barang tersebut naik sehingga menyebabkan harus mencetak uang sesuai kenaikan harga
  • Kenaikan harga komoditi impor dan membengkaknya hutang luar negeri akibat depresiasi nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika
  • Permintaan barang terlalu tinggi sedangkan distribusi barang yang tidak lancar
  • Kenaikan yang berasal dari penentuan pemerintah terhadap suatu barang/jasa. Contohnya harga BBM atau listrik yang otomatis memengaruhi harga
  • Nilai mata uang rupiah lebih rendah terhadap mata uang asing
  • Tidak seimbangnya permintaan uang dan penawaran uang

Akan tetapi inflasi tidak pernah bagi pemerintahan Islam. Dalam pemerintahan Islam sama sekali tidak pernah terjadi inflasi seperti yang selama ini diberitakan diberbagai media. Alasannya, sebab dizaman pemerintahan islam belum ada percetakan uang kertas. Uang baru dicetak dizaman sesudahnya yaitu pada sekitar zaman abad 17. Dizaman Islam jual beli tentunya menggunakan emas dan dirham. Maka dari itu, sebelum uang kertas dicetak, inflasi tidak pernah terjadi pada masa pemerintahan Islam.

Demikian pengertian inflasi sebenarnya, inflasi menjadi sangat serius bilamana tidak ditangani dengan benar dan tepat. Mencetak dan mengedarkan uang secara tidak proporsional bukanlah solusi yang tepat. Mengendalikan uang agar senantiasa terkendali adalah tugas bagi setiap lapisan masyarakat. Dampaknya yang tidak bisa diabaikan akan merugikan bagi sebagian orang atau seluruhnya secara umum, maka kebijakan moneter yang tepat pula harus diputuskan. Senantiasa menjaga nilai rupiah menjadi tugas dan kewajiban demi kestabilan nilai mata uang.

Annisa Arum Pratiwi, STEI SEBI

Komentar

Berita lainnya