oleh

7 Prosedur Pemberian Kredit Syariah, Bisakah UMKM Mendapatkannya?

Salah satu produk keuangan yaitu pemberian kredit, sudah tak asing lagi bagi masyarakat, dimana banyak orang yang mengajukannya sesuai dengan kebutuhan. Tentu saja tidak langsung begitu diajukan permintaan kredit lalu lembaga keuangan langsung menyetujui dan memberikan pinjaman. Ada beberapa konsep yang menjadi prinsip dalam pemberian kredit. Prinsip-prinsip ini yang kemudian akan menjadi acuan dan bahan pertimbangan lembaga keuangan dalam menyetujui permintaan kredit dari nasabah.

Prosedur dalam pelaksanaan pemberian kredit syariah adalah (1) Memenuhi persyaratan pembiayaan (2) Investigasi dan analisis Pembiayaan (3) Keputusan Pembiayaan (4) Akad pembiayaan dan perikatan (5) Penutupan polis asuransi dan Notaris (6) Pencairan Pembiayaan (7) Monitoring. Dengan adanya 7 prosedur ini dikarenakan Meminimalisir dan menghindari terjadinya kredit macet, memperkecil resiko Gagal bayar.

Dan pemeberian kredit syariah harus memenuhi persyaratan yang diberikan seperti (1) Formulir aplikasi permohonan pembiayaan (2) Cpy KTP/ Idntitas pemohon (3) Copy Surat Nikah/Cerai (4) Cpy KTP/ Identitas diri/ Badan Usaha (6) Pas photo terakhir perorangan (7) Susunan pengurus pemegang saham (8) Curriculum Vitae pengurus.

Dalam Identitas yang diminta sperti KTP/ Identitas lain itu sangat diperlukan untuk menghindari masalah yang terjadi jika orang itu hilang jika tidak ada KTP kita tidak bisa melacak. Salah satu hal penting adalah sebelum memberikan kredit itu adalah kelengkapan identitas.

Apakah UMKM dapat mengikuti prosedur tersebut ? Apakah mereka membutuhkan pembiayaan ?

Banyak pendapat yang mengatakan bahwa jika Omzet dibawah 50 juta tidak dapat memperoleh pembiayaan, bagi usaha yang masih start up sulit untuk memenuhi persyaratan tersebut. Dan mereka membutuhkan pembiayaan untuk mengembangkan usahanya. Salah satu permasalahan UMKM adalah bankable dimana UMKM membutuhkan dana melalui kredit bank akan tetapi sulit untuk memenuhi persyaratannya.

Demikian sedikit pemaparan mengenai pembiayaan kredit syariah. Semoga dapat bermanfaat kepada yang membaca.

*Faridhah Aulia

Komentar

Berita lainnya