oleh

Tips Liburan Keliling Eropa Ala Backpacker

Liburan ke Eropa semakin mudah dan murah. Penerapan cara yang dilakukan oleh backpacker cukup membantu dalam melakukan penghematan. Malahan, perjalanan akan semakin menarik lantaran pengalaman baru akan didapatkan.

Ketika merencanakan liburan, ada beberapa hal yang wajib Anda miliki. Ini bisa menjadi alat wajib untuk memudahkan dalam mengeksplor tempat yang belum diketahui. Mau tahu apa saja perlengkapan utama untuk menunjang liburan di tempat baru?

Manfaatkan Google Map

Tidak semua rencana akan sesuai harapan. Kenyataannya, kondisi di lapangan akan berbeda. Misalnya adalah kemana arah yang harus dipilih ketika ingin ke destinasi wisata A.

Kondisi ini masih sering terjadi. Di Indonesia sendiri yang notabenenya adalah rumah besar Anda, kadang Anda kesulitan untuk menuju tempat lain. Apalagi jika Anda berada di negara orang. Pastinya, barunya tempat dan butanya pengetahuan akan tempat akan membuat Anda semakin bingung. Maka dari itu, memanfaatkan google maps adalah pilihan yang bijak.

1. Kelebihan Google Map Untuk Liburan

Google maps itu sudah memetakan suatu kawasan di hampir seluruh negara. Pemetaan ini sudah sedikit terperinci sampai masuk ke daerah kecil. Oleh karenanya, kejelasan akan informasi kemungkinan besar akan diketahui.
Menariknya, kawasan di Eropa terbilang memiliki jalanan yang cukup terbuka. Negara-negara di Eropapun kawasannya sudah dipetakan. Artinya, sudah dikenali oleh teknologi google map.

Ini berarti bahwa Anda akan lebih mudah untuk mengetahui lokasi yang dituju. Menariknya lagi, Andapun akan lebih mudah untuk memahi rutenya, sampai alat transportasi apa yang sebaiknya digunakan untuk menuju ke tempat tersebut.
Anda cukup mengetikkan lokasi dimana tempat itu berada. Hasilnya, peta yang berisikan berbagai daerah di sekitar akan terlihat. Anda bisa memulai perjalanan dari lokasi dimana Anda berada agar tidak salah jalan.

BACA JUGA:  Pencemaran Udara dan Penerapan ERP

2. Kelemahan Menggunakan Google Map

Meskipun bisa mengenali suatu tempat dengan mudah, google map ini juga menyimpan kelemahan. Kelemahan utamanya adalah membuat baterai smartphone cepat habis.

Untuk meminimalkannya, gunakan google map secara offline. Kemudian Anda bisa online kembali jika memang sedang mencari lokasi. Dengan begitu, Anda tidak akan kehabisan baterai dengan cepat.

Instal Aplikasi Travel

Selain google map, senjata untuk bepergian di mancanegara yang perlu dipersiapkan adalah aplikasi travel. Aplikasi ini sangat berguna untuk menunjang perjalanan. Keamanan dan kenyamanan akan Anda dapatkan.

Aplikasi ini bakal berguna untuk menunjukkan jenis alat transportasi yang ada di negara yang dituju. Mulai dari kereta, taxi dan lain sebagainya. Kesemuanya sudah terlihat di aplikasi tersebut.

Yang perlu Anda lakukan adalah mendownload aplikasi tersebut sesuai negara yang dituju. Misalnya Anda datang di Italia, gunakan aplikasi itu sesuai kawasan tersebut. Dari aplikasi ini, Anda akan memperoleh beberapa rekomendasi alat transportasi yang bisa dinaiki menuju lokasi yang diinginkan.

BACA JUGA:  Curug Nangka, Menjadi Tujuan Destinasi Wisata untuk Liburan

Menariknya lagi, pemberhentian alat transportasi ini juga sudah dijelaskan. Bahkan biayanya juga sudah disediakan. Anda cukup mengambil mana yang dinilai pas dengan budget.

Berbeda jika Anda tidak memilikinya, otomatis Anda perlu mencari informasi cukup lama. Kalau sudah berada di kawasan, bukan tak mungkin jika Anda memilih alat transportasi yang dilihat. Dan bisa saja alat transportasi itu cukup mahal sehingga menyulitkan untuk penghematan.

Untuk memudahkan penggunaan aplikasi, ubahlah bahasanya sesuai bahasa yang Anda pahami. Dengan begitu, Anda tidak akan kesulitan untuk memahaminya meskipun tidak memiliki pembendaharaan kata yang mumpuni.

Instal Aplikasi Translasi

Aplikasi yang ketiga adalah aplikasi translasi. Aplikasi ini digunakan untuk menterjemah bahasa-bahasa sederhana yang Anda temukan. Bahkan ini bisa menjadi kamus bagi Anda di negara yang dituju.

Selain menggunakan aplikasi ini, pastikan Anda juga memperlajari kata-kata umum yang biasanya digunakan untuk berkomunikasi. Ini bisa menjadi bekal berharga. Secara, Anda pasti akan berkomunikasi dengan orang lain misalnya saat berbelanja.

Bukankah bahasa Inggris cukup untuk dijadikan bekal komunikasi? Tidak salah jika Anda berpendapat demikian. Namun begitu, Anda harusnya menyadari bahwa tidak semua orang mampu berbahasa Inggris dengan fasih.

Bahkan ada beberapa negara yang memang tidak banyak menggunakan bahasa tersebut. Malahan kurang suka bila harus berkomunikasi dengan bahasa tersebut. Jadinya, Anda akan kesulitan bila tidak memiliki bahasa-bahasa sederhana di negara yang akan dituju.

BACA JUGA:  Mengenal Jenis-jenis Bullying pada Anak dan Pecegahannya

Pelengkap Utama untuk Kenyamanan Liburan

Selain perlengkapan di atas, Anda juga butuh proteksi diri. Anda memerlukan alat bantu yang berguna untuk melindungi Anda selama berada di negeri orang. Yakni sebuah asuransi.

Asuransi perjalanan sudah menjadi pelengkap utama yang harusnya diperhatikan. Anda yang memanfaatkan asuransi ini akan lebih tenang. Liburan nampak tidak terbebani lantaran semua hal yang mungkin terjadi sudah diasuransikan.

Misalnya bila tiba-tiba sakit di negara orang, Anda bisa memanfaatkan asuransi untuk menanggung biaya pengobatan. Begitupun jika terjadi masalah seperti kehilangan barang dari kasus pencurian, Anda bisa mengklaim pergantian barang.

Intinya, asuransi ini menjadi sarana untuk melindungi Anda dan barang berharga yang dibawa. Semakin baik perlindungannya, Anda akan semakin nyaman ketika bepergian ke negara orang.

Yang perlu Anda lakukan saat ini adalah mencari asuransi yang menjamin urusan tersebut. Anda bisa mencari asuransi yang bisa menanggung semua resiko dengan cakupan yang cukup luas. Yakni bisa dimanfaatkan meskipun berada di negara yang jauh.

Ini berarti bahwa Anda juga harus memastikan cakupan proteksi yang ditawarkan. Karena kenyataannya, beberapa perusahaan asuransi membatasi cakupannya. Misalnya tidak memberlakukan jaminan asuransi di negara A dan B.

Menyadari akan hal ini, sebaiknya Anda mencermati kebijakannya. Untuk mengetahui sejauh mana cakupan perlindungannya di negara tujuan, tidak ada salahnya untuk memeriksanya di Futuready.com ini.

Komentar

Berita lainnya