oleh

Jalan Kaki, Olahraga Murah, Mudah dan Menyehatkan

Jika ditanya tentang olahraga apa yang paling murah dan mudah? Tentu jawabannya adalah jalan kaki. Ya, jalan kaki merupakan olahraga yang murah dan mudah untuk dilakukan, karena kita tidak perlu repot untuk pergi ke tempat gym atau jogging track, kita bisa melakukannya di jalanan sekitaran rumah.

Selain mudah dan murah, dalam beberapa hal, ternyata jalan kaki lebih baik dari pada lari, lho. Berdasarkan studi asosiasi jantung Amerika Serikat yang dipublikasikan pada 2017, jalan cepat sama efektifnya dengan jogging. Jalan kaki memiliki risiko mengalami cedera yang lebih kecil dibandingkan lari. Hal tersebut tentu karena jalan kaki lebih ringan bagi sendi.

BACA JUGA:  Pentingnya Menjaga Kebersihan Tangan

Hanya dengan berolahraga jalan kaki setiap harinya, kita akan mendapatkan manfaat kebaikan untuk kesehatan jantung. Karena, dengan berjalan kaki, sirkulasi darah dalam tubuh akan menigkat, begitu juga dengan denyut jantung, serta dapat memperkuat jantung.

Berjalan kaki juga mampu mencegah terkena varises ketika lanjut usia. Luis Navarro, MD, pendiri The Vein Treatment Center di New York mengatakan bahwa berjalan kaki rutin akan menguatkan sistem peredaran darah sekunder dengan memperkuat dan menjaga otot kaki yang meningkatkan aliran darah yang sehat.

BACA JUGA:  Dopamine Detox, Tren Kesehatan Baru Agar Lebih Produktif

Tidak hanya itu, sistem kekebalan tubuh kita juga akan meningkat jika berolahraga jalan kaki. Menurut penelitian dari Arthritis Research & Therapy, latihan interval berjalan intensitas tinggi dapat meningkatkan fungsi kekebalan pada orang tua dengan rheumatoid arthritis, penyakit radang yang mempengaruhi sendi. (Fuad Rahmat)

Komentar

Berita lainnya