oleh

Seperti Olah Raga, Berendam Air Panas juga Membakar Kalori

Untuk anda yang ingin membakar kalori namun malas untuk berolahraga, berendam di air panas merupakan hal yang tepat untuk dijadikan solusi. Menurut para peneliti dari Universitas Loughborough, mandi berendam di air panas bisa memberikan manfaat bagi tubuh sama seperti ketika berolahraga.

Hasil pembakaran kalori dari berendam di air panas sejumlah 130 kalori, hasil tersebut dinilai sama seperti berjalan kaki selama 30 menit.

Hal tersebut disebabkan karena ketika sedang berolahraga ataupun berendam air panas, tubuh akan menghasilkan heat shock protein. Heat shock protein adalah molekul yang dihasilkan oleh semua sel tubuh manusia sebagai respon terhadap tekanan.

BACA JUGA:  Kandungan Nikotin dalam Rokok Elektrik

Ketika sedang berendam di air panas dengan suhu sekitar 60 derarjat celcius, suhu tubuh kita akan mengalami peningkatan sekitar satu derajat dari sebelumnya. Menurut para peneliti, pada peningkatan suhu tersebutlah yang membantu dalam pembakaran kalori tubuh.

Tidak hanya itu saja, berendam di air panas juga baik bagi para penderita diabetes. Menurut peneliti Sven Hoekstra dari kampus yang sama, berendam selama satu jam di ari suhu 38 derajat celcius dapat menurunkan gula darah dan menekan inflamasi.

BACA JUGA:  Kandungan Nikotin dalam Rokok Elektrik

Namun, olahraga fisik juga perlu dilakukan. kita, tak bisa selamanya hanya mengandalkan berendam air panas saja. Karena kita juga perlu membentuk otot dan menjaga kebugaran tubuh yang tidak akan didapatkan dengan hanya berendam air panas saja.

Komentar

Berita lainnya