oleh

Selain Menggugah Selera, Makanan Pedas Juga Bermanfaat, Lho!

Kabar baik untuk kalian para pecinta makanan pedas. Ternyata, mengkonsumsi makanan yang bercitarasa pedas memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh lho. Berdasarkan penelitian yang berjudul Effect of Prolonged Administration of Dietary Capsaicin on Brioler growth and Salmonella enteritidis Susceptibility yang dilakukan pada ayam yang diberikan makanan pedas, menunjukan bahwa bahan aktif dalam sebagian besar makanan pedas bisa mengurangi infeksi salmonella, tanpa menghambat pertumbuhan atau perkembangan ayam itu.

Selain itu, penelitian juga dilakukan pada manusia. Menurut sebuah penelitian observasional yang dilakukan di China oleh peneliti Harvarrd, menunjukan bahwa mengonsumsi makanan pedas lebih sering mengurangi risiko kematian.

Penasaran apa saja manfaat dari mengonsumsi makanan pedas? Yuk simak manfaat-manfaatnya berikut ini.

BACA JUGA:  Kenali Gejala Virus Corona dan Upaya Pencegahannya

Menyehatkan jantung
Umumnya rasa pedas ditimbulkan dari cabai. Cabai terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Tentunya hal tersebut dapat menurunkan resiko penyakit jantung. Sebuah studi menemukan, bahwa orang-orang yang tinggal di Negara dengan banyak makanan pedas cenderung lebih sedikit masyarakatnya yang terkena serangan jantung, daripada mereka yang hidup dengan makanan yang rasanya lebih ringan.

Anti kanker
Kandungan pada cabai, yaitu capsaicin mampu menghambat pertumbuhan sel kanker, dan pada banyak kasus sel-sel kanker mati tanpa merusak sel-sel baik di sekitarnya. Banayak penelitian membuktikan bahwa kandungan pada cabai merah, capsaicin mampu memerangi sel kanker.

BACA JUGA:  Kenali Gejala Virus Corona dan Upaya Pencegahannya

Membantu diet
Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Clinical Nutrition yang melibatkan 27 peserta menemukan bahwa kelompok orang yang mengonsumsi makanan pedas lebih cepat kenyang. Selain itu, pada penelitian lainnya menyebutkan bahwa orang yang gemar mengkonsumsi makanan pedas cenderung lebih sedikit mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak dan gula.

Meningkatkan fungsi otak
Selain cabai, paprika juga dapat menciptakan cita rasa pedas pada makanan. Paprika merah mengandung flavonoid alami yang disebut apigenin. Kandungan tersebut mampu mendorong pembentukan saraf dan koneksi antara sel-sel otak. Selain itu para peneliti dari brazil menemukan bahwa apigenin berpotensi mengobati masalah mental seperti skizofrenia, depresi, penyakit Parkinson dan penyakil Alzheimer.

BACA JUGA:  Kandungan Nikotin dalam Rokok Elektrik

Meningkatkan sistem imun
Menurut sebuah jurnal Nature Chemical Biology, mengkonsumsi makanan pedas akan menimbulkan respon yang sama seperti saat tubuh mengalami luka, peradangan atau infeksi akibat bakteri. Dengan begitu sistem kekebalan tubuh akan menignkat setelah makan pedas. Karena tubuh akan secara alami mengeluarkan seluruh sistem imunnya untuk melawan peradangan atau infeksi yang terjadi. (Fuad Rahmat)

Komentar

Berita lainnya