oleh

Meminimalisir Resiko Berbisnis dengan Perencanaan

-Feature-132 views

Salah satu ciri dari seorang entrepreneur adalah berani mengambil resiko. Untuk memulai sebuah usaha memang tidaklah mudah seperti membalikkan tangan saja, diperlukan keberanian dan strategi bisnis yang matang. Semua peluang bisnis memang memiliki resiko, walaupun tingkat resiko yang ditimbulkan berbeda-beda. Tetapi dengan anda mengetahui berbagai macam jenis dan permasalahan yang ada pada resiko bisnis, resiko-resiko bisnis yang mungkin muncul dapat diminimalisirr dan bahkan dapat diatasi.

Setiap resiko memiliki karakteristik sendiri yang berbeda satu sama lain, setiap resiko memerlukan kebijakan manajemen tertentu atau analisa tertentu untuk pengelolaan dan penanganannya. Mental dan ketahanan yang ekstra yang akan membedakan hasil akhir dalam proses meraih kesuksesan dalam menjalankan bisnis. Jika anda kuat, maka bisa jadi anda akan bisa melewati keadaan sulit tersebut dengan selamat dan justru akan menjadi titik balik kesuksesan bisnis anda.

Semua yang berbau bisnis pasti membawa resikonya masing-masing, jadi jika anda masih takut dengan resiko, itu artinya anda belum siap menjadi seorang pengusaha/enterpreneur. Berbisnis sekecil apapun tetap juga akan ketemu yang namanya resiko. Seorang pengusaha mau tidak mau harus menghadapi segala jenis resiko bisnis dengan tegar, bijak dan tetap berusaha mencari solusi yang tepat untuk masalah bisnisnya. Jika anda hanya sibuk menghindari resiko saja karena takut dengannya, itu hanya akan menghabiskan energy anda saja. Lebih baik hadapi dengan tangguh, gagah. Dan misalnya anda gagal melaluinya, maka itu akan menjadi pelajaran yang sangat berharga ke depannya.

BACA JUGA:  Etos Kerja Masyarakat Nelayan Kabupaten Bulukamba

Resiko dalam berbisbis adalah keniscayaan, dan bukan untuk ditakuti melainkan untuk dihadapi dan carilah jalankeluar terbaik. Macam-macam resiko bisnis. Seperti, resiko financial, resiko pasar yang tidak stabil, resiko kerugian,kebangkrutan, resiko persaingan pasar.

Semua resiko dalam berbisnis diatas sangatlah nyata dan anda harus siap untuk menghadapinya. Apalagi kebangkrutan memang menjadi hal yang sangat ditakuti oleh para pengusaha. Tapi, semua resiko bisnis bisa diatasi dengan kejelian, ketekunan dan kreatifitas. Oleh karena itu, tingkatkan kemampuan dan pengetahuan anda dalam menjalankan usaha. Agar di tengah perjalanan bisnis anda segala resiko yang muncul tidak dapat merugikan usaha anda. Dan jangan takut untuk mencoba, tanpa mencoba anda tidak akan tahu akan hasilnya.

BACA JUGA:  Etos Kerja Masyarakat Nelayan Kabupaten Bulukamba

Cara terbaik bagi bisnis anda adalah mengelola resiko dengan cara mengevaluasi seluruh faktor resiko serta membuat rencana unttuk menangani resiko yang mungkin akan terjadi. Perencanaan resiko ini pada dasarnya untuk mengatasi resiko bisnis adalah reaksi anda dalam menghadapi resiko bisnis yang akan muncul.

Bagaimana sekarang, masih takut menjalankan bisnis? Atau justru sama sekali tidak punya keinginan untuk berbsinis. Ingat! Bahwa semua bisnis pasti memiliki resiko, dan itu tidak akan pernah bisa anda hindari. Hadapi dengan dewasa dan bijaksana agar anda bisa melewatinya dengan hasil yang memuaskan. (Ahmad Riduan)

Komentar

Berita lainnya