oleh

Hati-hati, Begadang Ternyata Dapat Memicu Kanker Hati

Ilustrasi. (istimewa)
Ilustrasi. (istimewa)

Semua orang pasti pernah mengalami tidur larut malam, terutama orang yang memiliki kegiatan yang padat setiap harinya. Salah satu yang sering mengalami tidur malam adalah mahasiswa, banyaknya tugas dan berbagai kegiatan di kampus membuat sebagian besar mahasiswa pasti pernah mengalami masalah tidur terlalu malam serta bangun kesiangan.

Namun, jangan pernah menganggap remeh masalah tersebut, kita mungkin tidak sadar kalau bahaya dari tidur malam bisa menimbulkan berbagai macam penyakit. Setelah beraktifitas seharian penuh, tubuh juga butuh istirahat yang cukup agar organ-organ pada tubuh tidak mengalami masalah.

BACA JUGA:  Ternyata Jeruk Bukan Buah yang Mengandung Vitamin C Paling Tinggi

Umumnya tubuh kita memerlukan istirahat selama 6-8 jam dalam satu hari. Banyak yang mengatakan tidur terlalu malam dan bangun siang bisa menyebabkan kanker hati, dikutip situs cancerhelps, sebenarnya ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan kerusakan pada hati atau kanker hati, seperti tidur terlalu malam dan bangun siang, tidak buang air dipagi hari, terlalu banyak mekonsumsi obat-obatan, menkonsumsi bahan pengawet, dan masak dengan minyak goreng yang tidak sehat.

BACA JUGA:  Ternyata Pare Ampuh Turunkan Kandungan Gula dalam Darah

Diungkapkan dr. Handayu Ganitafuri, sampai saat ini belum ada bukti penelitian yang menjelaskan tentang tidur malam bisa mengakibatkan kanker hati, namun menurut dokter salah satu RS di Nusa Tenggara Timur ini mengatakan n

Dengan kata lain saat kita tidur larut malam (begadang) de-toxin (zat beracun) tidak bekerja dengan baik, biasanya de-toxin berkerja secara maksimal pada malam hari atau saat kita sedang tertidur pulas. Jika kita tidur larut malam bisa mengacu pada siklus hormon pada tubuh sehingga mengganggu kesehatan dan fungsi sel pada tubuh yang bisa menyebabkan kanker hati.

BACA JUGA:  Tanaman Hias dalam Ruangan untuk Kesehatan

Maka dari itu, untuk menjaga kesehatan tubuh kita harus menjaga pola tidur dan pola makan secara baik. Terutama untuk kita yang beraktifitas seharian penuh.

Melliany Dwi Shinta

Komentar

Berita lainnya