oleh

Memilih Buku dan Informasi yang Tepat untuk Dibaca

Buku merupakan gudangnya ilmu, hampir semua orang di dunia ini pasti banyak mendapatkan ilmu dari buku-buku yang dibacanya. Buku merupakan jendela dunia yang dapat menambah wawasan serta meningkatkan pengetahuan kita.

Membaca buku sama dengan kita menyelami dunia, dapat melihat dunia dengan berbagai ilmu dan wawasan pengetahuan. Banyak manfaat yang dapat kita rasakan setelah membaca buku diantaranya membantu pengembangan daya pikir, menjernihkan cara berpikir, meningkatkan pengetahuan dan mengembangkan kemampuan untuk memproses ilmu pengetahuan.

Sama halnya dengan memilih barang, dalam memilih buku pun kita harus selektif bukan? Apakah buku itu sesuai dengan apa yang kita butuhkan? Atau Anda pernah kecewa dalam membeli buku yang tidak tepat untuk Anda?

BACA JUGA:  Hati-hati Jangan Jongkok di WC Duduk

Pertanyaannya, bagaimana memilih buku yang tepat untuk kita baca?

Yang pertama, memilih buku yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, ketika Anda butuh buku yang menunjang perkuliahan atau pekerjaan, pilihlah buku dengan judul, sinopsis, dan daftar isi yang sesuai, dan tepat untuk profesi atau jurusan Anda.

Yang kedua, mengelompokkan buku. Pengelompokkan buku ini bergantung pada minat, pengalaman seseorang dan pengetahuan sebelumnya.

BACA JUGA:  Istilah-Istilah Pinjaman Online yang Wajib Diketahui

Yang ketiga, membuat tujuan membaca. Sebelum membeli buku, Anda buat tujuan membaca buku agar tidak salah pilih dan buku yang Anda baca tepat.

Menurut Niko Grataridarga, M.Hum pustakawan dan dosen di Universitas Indonesia mengatakan sebelum memilih buku baiknya memilih informasi yang diinginkan dan informasi apa yang harus dicari. Selain itu Niko menambahkan dalam memilih buku yang tepat, sebelumnya harus mengidentifikasi informasi apa yang kita butuhkan.

Jika kita tahu informasi apa yang kita butuhkan maka kita tahu buku mana yang harus kita baca. Dalam mencari informasi pun haruslah selektif dan dari sumber yang terpercaya. Jika kita salah dalam memilih buku maka kita akan salah dalam mendapatkan informasi.

BACA JUGA:  Hati-hati Jangan Jongkok di WC Duduk

Sama dengan yang dialami oleh penulis sebagai penikmat buku, sering megalami kebingungan buku dan informasi apa yang harus dibaca. Dengan adanya internet biasanya penulis sering mengidentifikasi terlebih dahulu buku apa dan informasi apa yang akan dibaca. Mudah bukan dalam memilih buku yang tepat?

Syamsul Najib Khoirullah

Komentar

Berita lainnya