Pengaruh Gadget bagi Anak Usia Dini

Pengaruh Gadget bagi Anak Usia Dini

DEPOKPOS – Gadget merupakan alat komunikasi canggih berbasis Android dan dapat dengan mudah mengakses Internet dari mana saja. Gadget juga dapat memudahkan komunikasi dan interaksi dengan orang lain dengan mudah dan cepat menggunakan beberapa koneksi internet. Perangkat juga dapat membantu remaja mengakses Internet untuk memudahkan berbagai tugas sekolah dan di kalangan pekerja di kantor telekomunikasi.

Peranan perangkat memang bermanfaat dalam hal positif bagi semua orang, namun peran perangkat juga dapat menimbulkan hal negatif. Anak kecil dapat menggunakan perangkat karena mereka sangat sering menggunakan perangkat pada masa kanak-kanak. Di luar manfaat positif penggunaan gawai, masih terdapat dampak negatif penggunaan gawai terhadap tumbuh kembang anak.

BACA JUGA:  Imam al-Ghazali tentang Mekanisme Pasar dalam Ekonomi Islam

Berdasarkan pengamatan di sekitar kita, perangkat dapat menghambat perkembangan bicara dan bahasa anak. Hal ini karena anak-anak lebih banyak menghabiskan waktunya di depan layar gawai dibandingkan berinteraksi dengan orang lain, sehingga dapat memfasilitasi pembelajaran bicara dan bahasa.

Oleh karena itu, anak jarang berkomunikasi dengan orang lain sehingga menyebabkan anak kurang mampu berbicara dan berbahasa. Hal ini dapat berdampak negatif pada area otak yang mengontrol emosi, pengaturan diri, tanggung jawab, pengambilan keputusan, dan prinsip moral lainnya. Intinya adalah penggunaan perangkat oleh anak-anak memiliki berbagai implikasi yang perlu dipertimbangkan secara cermat.

BACA JUGA:  Mewujudkan Masyarakat Digital yang Cerdas dan Bertanggung Jawab di Indonesia: Tantangan dan Peluang di Era Transformasi Digital

Gadget memberikan kesempatan untuk pembelajaran interaktif, membantu menciptakan aktivitas adaptif dan mengembangkan keterampilan motorik dan kognitif. Namun, perangkat juga dapat menimbulkan tantangan, seperti menghambat perkembangan bicara dan bahasa anak.

Oleh karena itu, peran orang tua dan pendidik dalam mengatur penggunaan gawai pada anak sangatlah penting. Di dunia yang semakin digital, penting untuk dipahami bahwa perangkat elektronik merupakan alat yang dapat digunakan secara cerdas. Dengan memantau, mengontrol waktu pemakaian perangkat, dan mengontrol konten yang sesuai, dampak positif penggunaan perangkat dapat dimaksimalkan, sedangkan tantangan dan dampak negatif dapat diminimalkan.

BACA JUGA:  Sampah Logistik Membludak, Closed Loop Supply Chain Solusinya?

[email protected]

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait