Kenakalan Remaja: Ancaman Generasi Muda, Tantangan Bersama

Kenakalan Remaja: Ancaman Generasi Muda, Tantangan Bersama

DEPOKPOS – Kenakalan remaja di Tangerang bagaikan bom waktu yang siap meledak. Tawuran, balapan liar, penyalahgunaan narkoba, hingga aksi begal menjadi momok menakutkan bagi masyarakat. Perilaku ini tak hanya meresahkan, tetapi juga mencoreng nama baik kota dan menghambat kemajuan generasi muda.

Faktor pendorong kenakalan remaja di Tangerang kompleks. Kurangnya perhatian dan kasih sayang orang tua, minimnya kegiatan positif bagi remaja, pengaruh negatif teman sebaya, serta mudahnya akses terhadap konten berbahaya di internet menjadi beberapa pemicunya.

BACA JUGA:  Imam al-Ghazali tentang Mekanisme Pasar dalam Ekonomi Islam

Dampak kenakalan remaja pun tak kalah memprihatinkan. Korban jiwa akibat tawuran, kerusakan harta benda, hingga masa depan remaja yang terbuang sia-sia menjadi konsekuensi pahit yang harus ditanggung.

Menanggulangi kenakalan remaja di Tangerang membutuhkan upaya bersama dari berbagai pihak. Orang tua harus lebih memperhatikan anak-anak mereka, sekolah perlu meningkatkan kualitas pendidikan dan menyediakan kegiatan positif bagi remaja, serta pemerintah daerah harus bersinergi dengan aparat penegak hukum untuk memberantas aksi kenakalan remaja.

BACA JUGA:  Menanggulangi Ancaman Keamanan Siber: Upaya Penguatan Kapasitas SDM dan Infrastruktur

Kenakalan remaja adalah masalah serius yang harus diatasi bersama. Dengan upaya dan komitmen dari semua pihak, diharapkan generasi muda di Tangerang dapat terhindar dari perilaku negatif dan menjadi generasi yang penuh prestasi.

Mari kita jaga generasi muda Tangerang agar terhindar dari kenakalan dan berkontribusi positif bagi kemajuan bangsa.

Indra Adi Susula
Universitas Pamulang

Pos terkait