Karakteristik dan Potensi Gen Z untuk Indonesia Emas 2045

Karakteristik dan Potensi Gen Z untuk Indonesia Emas 2045

DEPOKPOS – Kini kita hidup di era revolusi industri 4.0, ditandai dengan banyaknya perkembangan dan kemajuan yang terjadi. Salah satunya yaitu dalam bidang IT yang sudah berkembang pesat di seluruh dunia, baik dalam bentuk platform digital maupun berbentuk informasi langsung.

Hal ini yang menjadikan suatu negara menyadari bahwa kemampuan dalam menguasai bidang informasi dan teknologi akan menjadi negara yang kompetitif, yaitu negara yang memiliki nilai daya saing yang tinggi.

Bacaan Lainnya

Indonesia merupakan negara yang terus berusaha untuk berkembang dalam berbagai aspek, salah satunya dalam aspek bidang teknologi. Hal ini dikarna kan banyak nya persaingan bisnis yang terjadi saat ini , baik persaingan bisnis nasional maupun internasional.

Kondisi ini membuat para pelaku bisnis usaha berlomba-lomba menjadikan bisnis usaha nya lebih unggul dan efisien. Kini para pelaku bisnis usaha datang dari berbagai kalangan generasi, tidak hanya dari kalangan generasi X yang alih-alih di katakan sebagai pemegang kunci potensi bisnis.

Namun faktanya di zaman sekarang, generasi Z sudah banyak yang menjadikan dirinya sebagai pelaku bisnis usaha. Bisnis usaha Gen Z ini lah yang menjadi acuan keikut sertaan dalam rivalitas antar pelaku bisnis usaha.

Gen Z tumbuh dan berkembang dalam era teknologi yang semakin maju dan terintegrasi dengan adanya internet dan juga sosial media dalam kehidupan sehari-hari, sehingga generasi ini yang memiliki pemahaman tentang dunia IT dan digital melebihi generasi sebelumnya.

Karakter unik yang dimiliki oleh Gen Z yang membuat mereka memiliki potensi besar dalam persiapan menghadapi persaingan dalam dunia bisnis usaha, di tingkat nasional maupun internasional.

Menurut hasil rilis data sensus 2020, dalam data yang dirilis tersebut dikatakan bahwa Gen Z yang lahir antar tahun 1997 hingga 2012 di dominasi dengan jumlah sekitar 74,93 juta jiwa Atau 27,94% populasi. Dominasi ini memberikan harapan akan potensi yang besar dalam kemajuan dan perubahan yang akan terjadi di masa yang akan datang.

Karakteristik Potensi Gen Z :

Melek Teknologi 

Ciri khas ini melekat pada diri Gen Z, hal ini disebabkan karna ketergantungan terhadap internet, sosial media dan juga smartphone. Kemampuan Gen Z dalam mengoprasikan teknologi , membuat mereka selalu terdepan dalam mengikuti tren teknologi terbaru.

Dalam konteks bisnis, Gen Z memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan teknologi dan memanfaatkan untuk keuntungan bisnis.

Multitasking 

Generasi ini memiliki kemampuan daya multitasking yang tinggi. Mereka bisa menjalankan beberapa tugas sekaligus, contohnya seperti membereskan pekerjaan rumah sambil mendengarkan musik atau menonton televisi.

Meski multitasking hal ini dapat meningkatkan efesiensi, dan juga dapat mempengaruhi fokus dan kosentrasi mereka dalam menjalankan tugas. Namun, di dalam dunia bisnis yang cepat berubah. kemapuan untuk menangani berbagai tugas sekaligus bisa menjadikan keuntungan yang besar.

Ketergantungan Pada Media Sosial

Kehidupan Gen Z tidak dapat dipisahkan dari media sosial. Mereka menggunakan platform seperti Instagram, Twitter, Tiktok dan masih banyak lagi aplikasi yang lainnya, biasanya platform ini digunakan untuk berbagi pengalaman dan juga konten sehari-hari.

Dalam dunia bisnis, kemampuan ini dapat dimanfaatkan untuk membuat startegi pemasaran digital. Hal ini dapat membantu dalam membangun suatu bisnis usaha dengan mendesain merek dan menarik pelanggan melalui platform media sosial yang dimiliki Gen Z.

Kesadaran Sosial dan Lingkungan 

Gen Z menunjukan tingkat kesadaran yang tinggi terhadap isu-isu sosial dan lingkungan, mereka peduli terhadap isu-isu ini karna beradaptasi dalam gerakan aktivisme.

Dalam dunia bisnis, hal ini bisa dikatakan bahwa Gen Z cendrung mendukung bisnis yang memiliki tanggung jawab sosial dan lingkungan. Karna generasi Z merupakan konsumen yang kritis dalam memilih produk yang akan mereka beli.

Dari uraian di atas, disimpulkan bahwa potensi yang dimiliki generasi Z ini bisa menjadi modal utama dan kekuatan dalam menghadapi persaingan bisnis. Harapan yang dimiliki Gen Z , pastinya bisa menjadi generasi yang siap untuk menerima tongkat estafet dari generasi sebelumnya.

Potensi Gen Z ini dijadikan tantangan sebagai mesin terbaik untuk menjadikan indonesia emas 2045 mendatang, dengan kecerdasan yang komprehensif yang dimiliki Gen Z dapat menciptakan inovasi baru dan juga kreativitas.

Najwa Ramadhania,Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait