Kapan Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah?

Kapan Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah?

Puasa Arafah dan Tarwiyah adalah puasa sunnah yang dilaksanakan menjelang Idul Adha. Sudah tahu puasa Arafah Tarwiyah kapan jadwalnya di tahun 2024 ini?

Waktu pelaksanaan puasa Arafah dan Tarwiyah adalah pada sepuluh hari pertama bulan Zulhijah, seperti hadis yang dilansir dari laman NU Online.

عن ابن عباس مرفوعا: “ما من أيام العمل الصالح أحب إلى الله فيهن من هذه الأيام” -يعني عشر ذي الحجة -قالوا: ولا الجهاد في سبيل الله؟ قال: “ولا الجهاد في سبيل الله، إلا رجلا خرج بنفسه وماله، ثم لم يرجع من ذلك بشيء

Artinya, “Dari Ibnu Abbas dengan kualitas hadis marfu’. ‘Tidak ada hari-hari di mana amal saleh lebih disukai Allah pada hari itu dari pada hari-hari ini, maksudnya sepuluh hari Zulhijah.’ Kemudian para sahabat bertanya, ‘Bukan pula jihad, ya Rasulullah?’ Rasul menjawab, ‘Tidak pula jihad di jalan Allah kecuali seorang lelaki yang keluar membawa diri dan hartanya kemudian ia pulang tanpa membawa apa-apa lagi,'” (HR Bukhari).

BACA JUGA:  Berkata yang Baik atau Diam

Puasa Arafah dan Tarwiyah hanya disunahkan kepada mereka yang tidak berhaji, sedangkan bagi yang sedang melakukan ibadah haji tidak dianjurkan melakukan puasa ini.

Puasa Arafah dan Tarwiyah kapan?

Berdasarkan kalender hijriah Kementerian Agama (Kemenag) RI dan SKB 3 Menteri, Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah jatuh pada 10 Zulhijah atau Senin, 17 Juni 2024.

BACA JUGA:  Berkata yang Baik atau Diam

Sebelum merayakan hari raya tersebut, umat Islam akan lebih dulu melaksanakan puasa sunnah Tarwiyah. Setelah menunaikan puasa Tarwiyah, muslim dapat melanjutkan dengan puasa Arafah. Berikut jadwalnya.

Jadwal puasa Tarwiyah

Puasa Tarwiyah merupakan puasa sunnah yang dilaksanakan pada 8 Zulhijah 1445 Hijriah atau dua hari sebelum Hari Raya Idul Adha, yaitu Sabtu, 15 Juni 2024.

Disebut puasa Tarwiyah karena momentum ini bertepatan dengan hari Tarwiyah atau hari perbekalan. Jamaah haji pada masa Nabi Muhammad sedang mengisi air di Mina pada hari Tarwiyah sebagai perbekalan untuk melakukan perjalanan ke Arafah.

BACA JUGA:  Berkata yang Baik atau Diam

Jadwal puasa Arafah

Setelah puasa Tarwiyah, umat Islam dapat melanjutkan puasa Arafah yang dilaksanakan pada 9 Zulhijah 1445 Hijriah atau satu hari sebelum Hari Raya Idul Adha, yakni Minggu, 16 Juni 2024.

Puasa Arafah sangat dianjurkan bagi orang-orang yang tidak menjalankan ibadah haji. Penamaan puasa Arafah tersebut dikarenakan puasa bertepatan dengan momen wukuf di Padang Arafah yang dilakukan oleh para jamaah haji.

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait