Mengapa Semakin Dewasa Semakin Sedikit Memiliki Lingkaran Sosial yang Luas?

DEPOKPOS – Menjelang dewasa, banyak dari kita mengalami perubahan dalam lingkaran sosial kita. Fenomena ini dapat dilihat sebagai hasil dari berbagai faktor yang memengaruhi kehidupan dan perkembangan individu.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa semakin dewasa, seseorang cenderung memiliki lingkaran sosial yang lebih kecil:

1. Prioritas yang Berubah

Saat memasuki tahap dewasa, prioritas hidup seseorang sering berubah. Fokus mungkin beralih dari hubungan sosial yang luas ke tanggung jawab yang lebih besar seperti karier, keluarga, dan keuangan. Waktu dan energi yang tersedia untuk menjaga hubungan dengan teman-teman lama atau menjalin persahabatan baru mungkin menjadi terbatas.

2. Hubungan yang Lebih Dalam

Seseorang cenderung mencari kualitas daripada kuantitas dalam hubungan saat dewasa. Alih-alih memiliki banyak teman sekadar untuk kepentingan sosial, mereka lebih memilih untuk memiliki hubungan yang lebih dalam dan bermakna dengan orang-orang yang benar-benar penting bagi mereka. Ini dapat mengakibatkan lingkaran sosial yang lebih kecil tetapi lebih kuat.

3. Perubahan Hidup yang Menyebabkan Perubahan dalam Lingkaran Sosial

Peristiwa-peristiwa hidup seperti pindah ke tempat baru, menyelesaikan pendidikan, atau memulai karier baru seringkali menyebabkan perubahan dalam lingkaran sosial seseorang. Orang mungkin kehilangan kontak dengan teman-teman lama dan perlahan-lahan membangun lingkaran sosial yang baru di sekitar situasi dan minat baru mereka.

4. Keterbatasan Waktu dan Energi

Dalam kehidupan yang sibuk, seseorang sering kali memiliki keterbatasan waktu dan energi untuk berinvestasi dalam hubungan sosial yang luas. Dengan tuntutan-tuntutan lain seperti pekerjaan, keluarga, dan kegiatan lainnya, waktu yang tersedia untuk menjaga hubungan sosial mungkin menjadi terbatas.

Meskipun memiliki lingkaran sosial yang lebih kecil mungkin terasa berbeda dari masa muda yang penuh dengan aktivitas sosial, hal ini tidak selalu merupakan sesuatu yang negatif.

Dengan memiliki hubungan yang lebih dalam dan bermakna, seseorang dapat merasakan dukungan yang lebih besar dan kebahagiaan yang lebih tahan lama dari hubungan-hubungan tersebut.

Yang penting adalah memastikan bahwa lingkaran sosial yang dimiliki, meskipun mungkin kecil, tetap memberikan dukungan dan kebahagiaan yang dibutuhkan untuk menjalani kehidupan yang memuaskan.

Penulis: Putri Risqiawati