Hindari Cat Calling dengan 7 Cara Ini!

DEPOKPOS – Cat calling adalah salah satu bentuk pelecehan di jalanan yang seringkali berupa komentar seksual yang tidak diinginkan, gerakan provokatif, dan klakson mobil.

Meskipun tindakan ini sering diabaikan, disepelekan, dan dinormalisasi, tindakan-tindakan tersebut menyebabkan rasa tidak nyaman atau penderitaan yang besar bagi para korban, yang sebagian besar adalah perempuan.

Umumnya, penampilan fisik wanita menjadi sasaran objek pelaku cat calling. Ketika cat calling terjadi, seringkali pelaku berkeinginan untuk menarik perempuan tersebut dan merendahkannya.

Memberi perhatian pada tubuh seolah-olah itu hanya sebuah objek estetika atau kualitas seksual, berarti merendahkan seseorang. Hal ini kemudian memosisikan harga diri pelaku seolah lebih tinggi.

Contoh Tindakan Cat calling

Cat calling merupakan sebuah bentuk pelecehan seksual yang seringkali korbannya adalah wanita atau remaja perempuan.

BACA JUGA:  Bahayanya Judi Online bagi Masyarakat

Ada dua jenis cat calling, yaitu:

Cat calling verbal: Pelaku memberikan siulan atau komentar tentang penampilan korban.
Cat calling non-verbal: Pelaku menggunakan gestur fisik untuk memberikan penilaian terhadap penampilan korban.

Berikut adalah beberapa tips untuk menghindari catcalling:

1. Menjaga Keamanan Diri: Hindari berjalan sendirian di tempat-tempat sepi, terutama pada malam hari. Lebih baik berjalan bersama teman atau di area yang ramai.

2. Mengenakan Pakaian yang Tepat: Pilih pakaian yang nyaman dan sesuai dengan situasi. Hindari pakaian yang terlalu terbuka atau terlalu ketat yang bisa menarik perhatian negatif.

3. Berbicara dengan Percaya Diri: Jika seseorang mencoba untuk memperhatikan atau mendekati Anda dengan cara yang tidak pantas, tunjukkan sikap percaya diri dan tegas. Berbicaralah dengan suara yang jelas dan pastikan untuk menegaskan batasan Anda.

BACA JUGA:  Satu Tarikan Nafas Kebebasan dan Pers

4. Menggunakan Aplikasi Keamanan: Ada beberapa aplikasi keamanan yang dapat membantu Anda meminta bantuan secara cepat jika Anda merasa dalam bahaya atau tidak nyaman.

5. Melaporkan Perilaku Tidak Pantas: Jangan ragu untuk melaporkan catcalling atau perilaku tidak pantas lainnya kepada pihak berwenang jika diperlukan. Ini adalah langkah penting untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman bagi semua orang.

6. Meningkatkan Kesadaran: Edukasikan diri sendiri dan orang lain tentang dampak negatif dari catcalling dan pentingnya menghormati batasan individu.

7. Menjadi Bagian dari Gerakan: Bergabunglah dengan gerakan atau komunitas yang memperjuangkan kesetaraan gender dan mengutuk perilaku tidak pantas seperti catcalling.

Dalam menghadapi catcalling, penting bagi kita untuk bersama-sama mengambil langkah-langkah untuk menghindarinya dan menegakkan batasan yang sesuai. Dengan meningkatkan kesadaran, mendukung satu sama lain, dan bertindak dengan tegas terhadap perilaku yang tidak pantas, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman dan menghormati satu sama lain. Ingatlah bahwa setiap tindakan kecil dalam mengatasi catcalling merupakan kontribusi penting dalam membangun masyarakat yang lebih inklusif dan menghargai kesetaraan gender.

BACA JUGA:  Pengambilan Keputusan Merupakan Seni Berfikir Kreatif

Ingatlah bahwa tidak ada yang benar-benar dapat mengendalikan perilaku orang lain, tetapi dengan mengambil langkah-langkah ini, Anda dapat membantu melindungi diri sendiri dan meningkatkan kesadaran tentang isu ini di masyarakat.

Penulis: Putri Risqiawati

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait