Pencemaran Aliran Singat Akibat Penumpukan Sampah

DEPOKPOS – Membuang sampah di sungai berakibat buruk bagi kesehatan manusia dan lingkungan jika masih membuang sampah di sungai tidak di hentikan bencana bencana baru akan muncul dan bisa merugikan masyarakat masyarakat sekitar dan juga ketersediaan air bersih berkurang padahal air bersih sangat penting bagi kehidupan sehari hari kita dan sangat banyak sekali manfaatnya yaitu untuk menyuci,memasak,mandi,dan banyak aktivitas lain yang memerlukan air bersih,kadang juga masih ada masyarakat yang masih meminum air sungai lalu di masak oleh sebab itulah air bersih sangat di perlukan dalam kehidupan sehari hari.

Data air bersih di Indonesia sangat kurang apalgi air digunakan seluruh umat manusia. Sehingga jika sungai kita tercemar sayang sekali karna ketersediaan air bersih juga semakin berkurang ,air bersih amat di butuhkan di dalam kehidupan sehari hari jika air ketersediaan air bersih berkurang banyak sekali aktivitas aktivitas sehari hari yang terganggu atau terhenti karna air bersih sangat amat penting .

BACA JUGA:  Merasa Kurang Pede? Lakukan 7 Hal Ini!

Sampah yang di buang sembarangan di sungai dapat menjadikan sungai menjadi bau dan kotor jika sungai bau dan kotor tentu saja kita tidak mau menggunakannya sedangkan kesadaran penduduk untuk tidak membuang sampah di sungai masih rendah karna menurut mereka membuang sampah di sungai selain dekat juga tidak perlu ribet untuk memilah sampah organik ataupun anorganik.padahal jika mereka masih mau memilah sampah banyak sekali kerajinan yang mereka bisa buat dari sampah daur ulang.

Membuang sampah sembarang di sungai dapat membuat penumpukan sampah membuat penumpukan sampah di dasar sungai. Sampah yang menumpuk apalgi untuk benda atau barang yang susah terurai akan membuat lumpur dan sungai menjadi dangkal.

Sungai yang dangkal akibat penumpukan sampah akan membuat volume tampung air sungai berkurang karna ketika hujan lebat sungai tidak bisa menyediakan volume yang cukup untuk air mengalir selain berkurangnya volume sungai, sampah sampah yang di buang ke sungai membuat aliran sungai menjadi mampet dan bisa menyebabkan banjir jika air hujan semakin deras maka semakin besar banjirnya, banjir sangat sangat banyak merugikan warga, rugi jiwa, rugi harta, selain banjir bisa juga terjadi longsor, longsor yang terjadi akan lebih merugikan lagi.

BACA JUGA:  “Brand Ambassador Esports” Kini Bisa Jadi Pekerjaan?

Menurunnya kadar oksigen. Sampah dalam sungai juga membuat air keruh sehingga sinar matahari tidak masuk ke dalam air hal tersebut membuat tumbuhan tidak dapat berfotosintesis. Karna akibat itu banyak tumbuhan dan hewan air yang mati.

Sungai yang sudah tercemar menjadikan tempat berkembagnya banyak sekali bakteri dan penyakit, kadang juga ada masyarakat yang masih meminum menggunakan air sungai jika masyakarat masih saja mengkonsumsi air sungai tentu banyak sekali baketeri yang akan masuk ke dalam tubuhnya dan banyak bermunculan penyakit salah satunya yaitu diare,diare ada juga yang berkepanjangan atau di sebut kronis,bila tidak di medis segera,jangan mengira diare adalah penyakit sepele karna diare sangat berbahaya dan sangat perlu penganan medis maka dari itu jagalah kebersihan air di sekitar kita bila kita menjaga air tetap bersih kita tidak akan terkena beberapa penyakit yang di sebabkan oleh air kotor dan jika sungai sudah sekali kerugian kerugian yang terjadi,karna air menjadi salah satu bagian paling penting di dalam kehidupan sehari hari dalam waktu yang berkepanjangan dan jadikan air bersih warisan paling besar untuk anak cucu kita suatu saat nanti.

BACA JUGA:  Mengapa Semakin Dewasa Semakin Sedikit Memiliki Lingkaran Sosial yang Luas?

Nimas Vinadel Teguh Pertiwi
Teknik Tirta Wiyata, Kota Magelang