Health  

Ingin Menua Lebih Sehat? Simak Manfaat Jalan Kaki untuk Mencegah Risiko Sindrom Metabolik!

Berjalan kaki lebih banyak dapat memberikan manfaat kesehatan yang lebih banyak untuk tubuh Anda

DEPOKPOS – Apakah Anda pernah mendengar bahwa jalan kaki memiliki segudang manfaat kesehatan? Mari, simak penjelasan berikut ini!

Jalan kaki merupakan aktivitas fisik yang sederhana, tapi sangat bermakna. Selain mudah, jalan kaki juga merupakan aktivitas yang murah karena tidak memerlukan peralatan khusus nan canggih. Anda hanya memerlukan sepatu dan niat yang kuat untuk hidup sehat.

Rekomendasi Berjalan Kaki untuk Dewasa

Tahukah Anda? Rekomendasi aktivitas fisik dari American Heart Association, yaitu minimal 150 menit aktivitas sedang atau 75 menit per minggu untuk aktivitas aerobik berat, seperti jalan cepat/power walking, atau kombinasi dari keduanya.

Tingkat aktif seseorang dapat dikategorikan berdasarkan jumlah langkah per hari, yaitu:
Gaya hidup sedenter (kurang aktif): <5.000 langkah/hari Sedikit aktif: 5.000-7.499 langkah/hari Agak aktif: 5.000-9.999 langkah/hari Aktif: ≥10.000 langkah/hari dikategorikan “aktif” Sangat aktif: >12.500 langkah/harim

BACA JUGA:  Anak Muda Jangan Banyak Begadang, Ini Dampaknya!

Perlu diingat bahwa tidak hanya jumlah langkah yang harus dicapai per hari, intensitas langkah juga perlu menjadi perhatian. Berjalan kaki setidaknya harus dengan intensitas sedang, yaitu sebanyak 100 langkah per menit untuk orang dewasa dalam rangka meningkatkan kesehatan.

Apakah Saya Harus Berjalan Sebanyak 10.000 langkah Per hari?

Jumlah langkah yang direkomendasikan untuk mencapai manfaat kesehatan minimal 10.000 langkah per hari. Namun, tidak semua orang dapat berjalan 10.000 langkah per hari, terutama untuk orang yang menderita penyakit kronis.

Berjalan kaki lebih banyak dapat memberikan manfaat kesehatan yang lebih banyak untuk tubuh Anda.

“Beraktivitas fisik sedikit dalam sehari lebih baik daripada tidak sama sekali”

Berjalan kaki setidaknya 5.000 langkah per hari telah terbukti secara ilmiah memberi berbagai manfaat kesehatan, diantaranya adalah mengurangi risiko sindrom metabolik yang dapat mendatangkan berbagai penyakit berbahaya yang mematikan.

BACA JUGA:  Dampak Pelecehan Seksual Terhadap Sosial, Psikologis dan Fisik

Mengenal Sindrom Metabolik

Sindrom Metabolik adalah kumpulan berbagai gangguan tubuh yang dapat meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami penyakit berbahaya dan menyebabkan kematian, seperti penyakit jantung, gangguan insulin, diabetes mellitus, hingga komplikasi gangguan saraf seperti stroke.

Seseorang dikatakan memiliki sindrom metabolik jika mengalami setidaknya 3 dari tanda berikut ini di waktu yang sama, yakni:

  • Lingkar pinggang melebihi batas normal
  • Tingginya kadar trigliserida melebihi batas normal
  • Rendahnya kadar kolesterol HDL di bawah batas normal
  • Tingginya kadar gula darah puasa
  • Tingginya tekanan darah

Siapapun dapat mengalami kondisi ini dan risikonya akan meningkat jika Anda memiliki berat badan berlebih.

Hal ini disebabkan oleh faktor penyebab sindrom metabolik dan kelebihan berat badan adalah buruknya gaya hidup. Oleh karena itu, modifikasi gaya hidup perlu dilakukan untuk menyelamatkan diri kita dari risiko berbahaya ini.

Berjalan Kaki sebagai Pencegahan Sindrom Metabolik

Modifikasi gaya hidup melalui peningkatan aktivitas fisik telah terbukti dapat mencegah sindrom metabolik pada orang dewasa. Salah satu aktivitas yang paling sederhana dapat dilakukan adalah berjalan kaki.

BACA JUGA:  Bangun Pagi Jangan Tidur Lagi, Ini Bahayanya!

Selain meningkatkan kebugaran, berjalan kaki lebih dari 5.000 langkah per hari telah terbukti dapat menurunkan Indeks Massa Tubuh (IMT), kadar lemak tubuh, lingkar pinggang, dan trigliserida orang dengan kelebihan berat badan.

Dengan pengaruhnya terhadap kesehatan tubuh, risiko sindrom metabolik juga berkurang seiring penambahan jumlah langkah kaki harian yang dicapai.

Perlu diingat bahwa manfaat kesehatan dari berjalan kaki akan semakin optimal jika diiringi perubahan gaya hidup lainnya, yakni dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang dan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) secara konsisten.

Mari Rutinkan Jalan Kaki Setiap Hari

Walaupun berjalan kaki terkesan seperti olahraga yang sederhana, tetapi manfaat yang diperoleh jika dilakukan dengan benar dan tepat akan sangat besar bagi kesehatan kita.