Berkendara dengan Bijak: Tips-Tips Esensial untuk Perjalanan Road Trip Akhir Tahun

Menurut statistik kecelakaan selama liburan akhir tahun, angka kecelakaan cenderung meningkat signifikan

DEPOKPOS – Setiap hari, kecelakaan lalu lintas terjadi di seluruh dunia karena berbagai alasan. Namun, faktor yang paling signifikan dalam terjadinya kecelakaan adalah faktor manusia. Sebagian besar pelaku dalam suatu kecelakaan mengakui bahwa kurangnya konsentrasi menjadi penyebab utama terjadinya kecelakaan.

Untuk menghindari kecelakaan lalu lintas, sebaiknya kita mengenal konsep safety riding atau keselamatan berkendara. Keselamatan berkendara mencerminkan mengemudi dengan aman, melibatkan mengemudi dengan keterampilan dan pengalaman sesuai dengan standar keselamatan yang berlaku.

Keselamatan berkendara juga dapat diartikan sebagai praktik berkendara yang mengikuti standar keselamatan negara tertentu, seperti di Indonesia yang diatur oleh Undang-Undang No.22 Tahun 2009.

Di penghujung tahun ini, semua orang bersiap untuk liburan merayakan Natal dan Tahun Baru 2024. Meskipun kita semua merindukan kehangatan perayaan Natal dan semarak menyambut Tahun Baru, keselamatan berkendara tetap harus diperhatikan.

Dengan volume lalu lintas yang meningkat dan berbagai faktor lain yang dapat mempengaruhi keamanan perjalanan, penting bagi setiap pengemudi untuk mempersiapkan diri dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengemudi dengan aman dan selamat.

Menurut statistik kecelakaan selama liburan akhir tahun, angka kecelakaan cenderung meningkat signifikan. Polri mencatat kenaikan angka kecelakaan lalu lintas sepanjang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 sebesar 11% dibanding mudik Nataru 2019.

Oleh karena itu, dalam artikel ini, kita akan menjelajahi sejumlah tips esensial dan panduan ahli yang dapat membantu Anda berkendara dengan bijak, meminimalkan risiko, dan memastikan bahwa perjalanan akhir tahun Anda penuh kenangan bahagia tanpa komplikasi yang tidak diinginkan. Simak tips-tips berikut ini!

Kondisi Pengemudi

Pengemudi harus memastikan memiliki kondisi fisik yang prima, pengetahuan yang memadai, dan keterampilan berkendara yang cukup. Pengemudi disarankan untuk beristirahat yang cukup sebelum mengemudi dan menghindari konsumsi alkohol serta obat-obatan yang membuat mengantuk.

Hal ini sejalan dengan persyaratan Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, yang menuntut kepemilikan Surat Izin Mengemudi (SIM) sebagai bukti kompetensi serta mengatur istirahat wajib setelah mengemudi selama 4 jam berturut-turut.

Kondisi Kendaraan

Penting bagi pengemudi untuk melakukan pengecekan kendaraan sebelum digunakan, termasuk kondisi ban, kelistrikan mobil, lampu, kaca spion, klakson, level oli, dan fungsi rem.

Ketentuan untuk memastikan kendaraan dalam kondisi optimal dijelaskan dalam Peraturan Pemerintah No. 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan.

Rambu Lalu Lintas

Mematuhi aturan lalu lintas dan rambu-rambu jalan tidak hanya mencegah terjadinya kecelakaan, tetapi juga menciptakan lingkungan lalu lintas yang lebih aman bagi semua pengguna jalan.

Aturan ini bukanlah sekadar pedoman, melainkan landasan hukum yang diatur dalam perundangan yang berlaku.

Sebagai contoh, Undang-Undang No. 22 Tahun 2009, Bab III Pasal 22, dengan tegas menyatakan bahwa setiap pengemudi wajib mematuhi rambu lalu lintas dan marka jalan.

Begitu juga dengan Peraturan Menteri Perhubungan No. 13 Tahun 2014 yang mengatur tentang tata cara penggunaan rambu lalu lintas.

Konsentrasi Pengemudi

Ketika kita membahas tentang tips berkendara dengan bijak, aspek konsentrasi pengemudi menjadi hal yang krusial. Konsentrasi penuh terhadap jalan dan kendaraan di sekitarnya adalah fondasi utama keselamatan dalam berkendara.

Aturan yang mengatur hal ini sangat jelas dan ditegaskan dalam Undang-Undang No. 22 Tahun 2009, Bab III Pasal 106.

Pasal tersebut melarang pengemudi untuk melakukan kegiatan yang dapat mengganggu konsentrasi, seperti makan/minum, merokok, menelpon, atau kegiatan lain yang mengalihkan perhatian dapat menyebabkan kecelakaan. .

Perlengkapan Keselamatan

Perlengkapan keselamatan saat berkendara adalah suatu aspek yang tidak boleh diabaikan dan sangat krusial untuk melindungi diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.