Health  

Bahaya Tidur Setelah Subuh dari Sisi Medis

DEPOKPOS – Tidur adalah aktivitas manusia yang penting untuk Kesehatan fisik dan mental. Waktu tidur seseorang berbeda setiap individu tergantung pada usai,gaya hidup, dan kondisi kesehatannya. Namun dalam kondisi normal manusia tidur antara tujuh hingga sembilan jam setiap harinya.

Tanda seseorang sudah benar pola tidurnya dilihat dari saat tubuh mulai mengantuk dan dapat tertidur dalam 15-20 menit setelah berbaring di tempat tidurnya dan saat terbangun badan terasa segar dan bertenaga.

Tidur di pagi hari karena begandang sudah pasti membuat wakt tidur seseorang berkurang. Dalam Agama Islam tidur di pagi hari lebih tepatnya setelah sholat subuh sangat dilarang.

BACA JUGA:  Bangun Pagi Jangan Tidur Lagi, Ini Bahayanya!

Berikut beberapa hal bahaya tidur setelah subuh bagi Kesehatan :

⦁ Diabetes
Menurut penelitian , kurang tidur di malam hari dapat meningkatakan resiko seseorang terserang diabetes. Begitupun sebaliknya jika terlalu banyak tidur juga tidak bagus. Hal ini meningkatakan resiko terjadinya kadar gula darah akan cenderung meningkat pada seseorang yang pola tidurnya bermasalah.

⦁ Obesitas
Kerika pola tidur seseorang bermaslah bisa membuat berat badan meningkat, menurut studi orang yang kurang 7 jam tidurnya setiap malamya memiliki resiko obesitas yang lebih tinggi, dibandingkan dengan orang yang tidurnya 7-8 jam dalam sehari. Hal ini dikarenakan kurang tidur maupun kelebihan tidur membuat nafsu makan cenderung lebih meningkat.

BACA JUGA:  Dampak Pelecehan Seksual Terhadap Sosial, Psikologis dan Fisik

⦁ Penyakit jantung dan pembuluh darah
Seringnya tidur di pagi hari karena kurang tidur dimalam hari dapat meningkatkan resiko penyakit jantung dan pembulu darah, seperti serangan janrung dan stroke, kurang tidur saat malam hari dakan meningkatkan takanan darah dan peradangan dalam tubuh.

⦁ Mudah lupa (pikun)
Pola tidur orang yang tidak cukup bisa membuat orang menjadi lebih pelupa. Karena saat tertidur sel-sel didalam tubuh akan beristirahat dan memperbaiki jaringan-jaringan tubuh, termasuk juga otak. Ketika seseorang kurang tidur dimalam hari, jaringan otak juga kekurangan oksigen dan energi sehingga menjadi lebih pelupa.

BACA JUGA:  8 Bahaya Tidur di Pagi Hari

Nah, itu 4 diantaranya bahaya tidur di pagi hari sangat buruk bagi Kesehatan, mari kita pebaiki pola tidur kita dan yang masih kurang bagus pola tidurnya, cobalah untuk mengubahnya secara perlahan agar kondisi badan kita sehat selalu.

Nabila Khoirunnisa
Mahasiswi STEI SEBI