Peran Akuntansi dalam Strategi Bisnis UMKM

Akuntansi merupakan seni dalam mencatat,menggolongkan dan mengikhtisarkan semua transaski yang terkait dengan keuangan yang telah terjadi(Ismail,2010). Menurut Henry (2013), akuntansi adalah sebuah sistem informasi yang memberikan laporan kepada para pihak-pihak yang memiliki kepentingan terhadap hasil kinerja suatu entitas atau perusahaan. Atas dasar teori tersebut ,akuntansi dapat di jadikan strategi dalam menjawab permasalahan yang dihadapi oleh UMKM. Karena ilmu dasar akuntansi mengajarkan kedisiplinan dalam mengelola uang.

BACA JUGA:  Halal BI halal Anggota Bummas Koperasi Mitra UMKM RAJA

Fungsi akuntansi dalam bisnis adalah membantu merencanakan pertumbuhan bisnis,untuk pengajuan dana pinjaman ke Bank,memberi akses untuk mendapatkan investor,memberikan kemudahan penjualan asset bisnis dan membantu penelusuran biaya yang telah di keluarkan(Halpiah et al.,2021). Sedangkan manfaat akuntansi menurut Medium (2020) yaitu sebagai alat untuk memastikan bahwa adanya pemisahan uang pribadi dan bisnis,mengetahui perkembangan bisnis dari sisi keuangan,praktek akuntansi yang benar mampu mendeteksi fraud yang terjadi dalam bisnis.

BACA JUGA:  Hati-Hati Bangun Tangga di Rumah, Ini Pedomannya!

Keuntungan yang didapatkan jika pelaku UMKM memilih akuntansi sebagai strategi bisnis yaitu:

  • Menjadikan pelaku UMKM memperbaiki sistem manajemennya
  • Dapat membuat laporan keuangan yang bisa digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan bisnis
  • Mampu menyelesaikan permasalahan UMKM yaitu mudah mendapatkan akses untuk pengajuan dana kredit dari bank Untuk menambah modal usaha nya.

Hariz, STEI SEBI