Big Data Center IMERI–Idealab Luncurkan Fitur Cloud Computing Analytics

DEPOKPOS – Big Data Center IMERI–Idealab meluncurkan fitur Cloud Computing Analytics sebagai fitur pamungkas dari Big Data Center yang sebelumnya telah diluncurkan pada Januari 2022. Fitur yang dikembangkan oleh Big Data Center, Indonesian Medical Education and Research Institute–Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (IMERI–FKUI), UMG Idealab, dan PT Solusi 247 ini diluncurkan secara daring melalui kanal Zoom Meeting dan Youtube Medicine UI, pada Senin (31/7).

Ketua Big Data Center, Prasandhya Astagiri Yusuf, S.Si., M.T., Ph.D., menyebut bahwa pengembangan fitur ini didasarkan pada kebutuhan para peneliti yang telah bekerja sama dengan Big Data Center IMERI–Idealab. “Selama satu setengah tahun ini, Big Data Center IMERI–Idealab telah mendapat kepercayaan dari peneliti-peneliti di bidang kesehatan untuk menyimpan data serta mengatalogkan datanya untuk menjadi suatu kolaborasi di Big Data Center IMERI. Akan tetapi, ada satu fitur yang belum dimiliki, padahal ini adalah fitur pamungkas. Oleh karena itu, bersama PT Solusi 247 kami mengembangkan Cloud Computing Analytics untuk membantu kerja para peneliti,” ujar Prasandhya.

Bacaan Lainnya

Ia menambahkan bahwa fitur ini dipercaya dapat membantu menganalisis model big data di bidang kesehatan dan melakukan proyek Artificial Intelligence (AI) dengan cepat dan efisien. Fitur ini dilengkapi berbagai tools, seperti dataset management, features store, code management, experimentation dengan Zeppelin & Jupiter notebook atau low code tools, experiment result management, model management, serta model serving dan monitoring. Untuk memperkenalkan fitur tersebut kepada para peneliti, Big Data Center IMERI–Idealab akan mengadakan workshop data analytics di bidang kesehatan pada akhir Agustus dengan tema “Learning A to the Z Cloud Computing Analytics”.

Dengan adanya fitur Cloud Computing Analytics sebagai teknologi baru, Big Data Center IMERI–Idealab mampu mengidentifikasi secara otomatis pola dari data, melakukan prediksi, serta mengekstrak menjadi wawasan baru. Direktur IMERI–FKUI Prof. dr. Badriul Hegar, Ph.D, Sp.A(K) mengatakan, “Dalam upaya menjangkau para peneliti, Big Data Center IMERI–Idealab terus berupaya meningkatkan kualitas layanannya melalui implementasi visinya menjadi sebuah tujuan, strategi, dan aksi yang sesuai standar. Diharapkan para peneliti dapat memanfaatkan fasilitas yang ada di Big Data Center IMERI–Idealab secara optimal.”

Fitur end-to-end AI ini berhasil terwujud dengan kolaborasi bersama PT Solusi 247 yang memiliki pengalaman puluhan tahun di bidang IT, untuk menghadirkan sistem analisis mahadata kesehatan yang terintegrasi dan mutakhir. Komitmen mereka dalam membangunan sistem pengolahan data, khususnya low code tools di bidang computing analytics, akan dikembangkan lebih jauh lagi bersama Big Data Center IMERI-Idealab.

Sementara itu, Dekan FKUI Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH., MMB, mengatakan bahwa Big Data Center dengan fitur Cloud Computing Analytics adalah upaya bersama untuk memanfaatkan data kesehatan dengan optimal. “IMERI hadir di FKUI bukan hanya untuk kepentingan penelitian di FKUI, melainkan juga untuk kepentingan UI dan Indonesia. Oleh karena itu, kita harus saling bersinergi sesuai dengan visi dan misi FKUI. Proses penyempurnaan Big Data Center masih berlangsung dan kita berharap para peneliti dapat memanfaatkannya untuk riset formal, juga untuk penelitian tingkat nasional maupun global,” ujar Prof. Ari.

Penggunaan teknologi cloud computing saat ini sangat penting bagi sektor kesehatan, terutama dalam hal penghematan biaya dan efisiensi sumber daya. Dengan diluncurkannya fitur Cloud Computing Analytics, Big Data Center kini menjadi platform end-to-end untuk mendorong dan membantu para peneliti di bidang kesehatan. Turut hadir pada peluncuran tersebut Wakil Direktur IMERI FKUI, Prof. Dr. dr. Budi Wiweko, Sp.OG(K), M.P.H.; Founder UMG Idealab, Dr. Harry Kasuma Aliwarga, B.Sc., M.Sc., M.Sc; dan Direktur Utama PT Solusi 247, Beno Pradekso.

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait