Manfaat Daun Mint dalam Mengurangi Gejala Kecemasan

DEPOKPOS – Tanpa disadari sebagian dari kita mungkin pernah mengalami gejala kecemasan, namun apa itu gejala kecemasan? Gejala kecemasan adalah gejala yang secara sadar atau tanpa sadar muncul dalam diri kita dapat berupa kecemasan berlebih terhadap suatu hal, gelisah berlebih, muncul nya pikiran negatif, dan masih banyak lagi. Kecemasan pada umumnya adalah hal yang umum terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Datangnya gejala ini bervariasi seperti saat menjelang ujian, atau ketika dihadapkan pada situasi tertentu yang memicu stress. Dilansir dari halodoc.com gejala yang muncul dapat berupa perasaan cemas, tegang, ketakutan, yang menyebabkan beberapa keadaan seperti selalu merasa resah dan tidak tenang, sulit berkonsentrasi, berkeringat secara berlebih, hingga perasaan mual dan ingin muntah.

Kecemasan yang berlebih jika diabaikan begitu saja dapat berkembang menjadi gangguan kecemasan yang lebih serius, seperti gangguan kecemasan umum atau generalized anxiety disorder (GAD), gangguan panik, fobia sosial, atau gangguan kecemasan yang spesifik. Sering kali kita mengself-diagnosis diri sendiri, dengan sebatas apa yang kita ketahui atau berdasarkan sumber-sumber di internet. Alangkah baiknya jika anda merasakan gejala-gejala diatas agar mengkonsultasikan pada ahlinya, agar segera mendapatkan penanganan dan pengobatan yang sesuai. Namun, tahukah anda, jika ternyata daun mint memiliki aroma menenangkan yang dapat membantu anda mengurangi gejala kecemasan? Untuk mengetahui apa saja manfaat daun mint dalam mengurangi gejala kecemasan simak pembahasan dibawah.

Memberikan efek rileks

Menthol merupakan senyawa organik yang memberikan sensasi dingin dan segar pada kulit dan selaput lendir saat terpapar. Kandungan menthol dapat ditemukan pada beberapa tanaman yang satu keluarga dengan daun mint, belum ada bukti ilmiah yang meyakinkan bahwa menthol secara langsung dapat mengatasi gejala kecemasan. Namun menthol dapat memberikan manfaat dalam meredakan gejala kecemasan, menthol dapat memberikan efek menenangkan pada tubuh yang merangsang tubuh untuk lebih rileks sehingga dapat membantu mengurangi ketegangan otot dan meningkatkan perasaan rileks, yang dapat membantu meredakan gejala kecemasan.

Meningkatkan konsentrasi

Kandungan menthol pada daun mint dapat digunakan dengan berbagai cara, salah satunya dalam bentuk minyak esensial atau inhalasi uap. Ketika anda menjalankan kegiatan dan sulit bekonsentrasi, cara ini dapat anda gunakan untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus, sehingga dapat membantu anda meningkatkan produktivitas dan kinerja anda. Kandungan menthol terdapat dalam minyak esensial dari beberapa jenis tanaman mint seperti peppermint dan spearmint. Kandungan ini dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga meningkatkan fungsi kognitif dan daya ingat, terlebih lagi aroma menthol yang menyegarkan dapat meredakan kelelahan fisik, mental, dan meningkatkan suasana hati, sehingga dapat membantu meningkatkan konsentrasi saat mengerjakan tugas.

Meredakan sakit kepala

Daun mint telah digunakan secara tradisional untuk meredakan sakit kepala. Beberapa manfaat potensial dari daun mint dalam meredakan sakit kepala didasarkan pada sifat-sifatnya yang menenangkan, analgesik, dan antiinflamasi. Beberapa cara daun mint dapat membantu meredakan sakit kepala antara lain dengan cara merebus daun mint segar atau kering dalam air panas. Kemudian, minum secara perlahan untuk meredakan sakit kepala. Cara lainnya yaitu dengan mengoleskan atau menghirup aroma minyak peppermint atau minyak esensial mint lainnya untuk meredakan sakit kepala.

Meredakan rasa mual

Minyak esensial dari daun mint, terutama minyak peppermint, telah terbukti efektif dalam meredakan rasa mual dan muntah. Minyak peppermint memiliki sifat vasodilator, yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke perut dan organ pencernaan lainnya, sehingga membantu mengurangi gejala mual. Minyak peppermint juga memiliki sifat antispasmodik, yang dapat membantu meredakan kejang-kejang otot perut dan usus, yang sering terjadi selama mual dan muntah. Minyak peppermint juga memiliki sifat antikolinergik, yang dapat membantu menenangkan sistem pencernaan dan mengurangi kontraksi otot di usus, yang dapat menyebabkan mual. Aroma segar dari minyak peppermint dapat membantu menghilangkan rasa tidak nyaman di perut dan mengurangi sensasi mual.

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait