Ular Sanca Sepanjang 4,5 Meter Bikin Resah Warga Cimanggis

DEPOKPOS – Petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok berhasil mengamankan seekor ular sanca yang masuk ke PT Bina Sanprima di Jalan Raya Bogor Km 33,5, RT 03/RW 01, Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Senin (29/05/23). Keberadaan hewan melata tersebut sempat membuat resah warga sekitar.

Kepala Bidang Pengendalian Operasional Kebakaran dan Penyelamatan, Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Welman Naipospos mengatakan, pihaknya menerima laporan pukul 08.15 WIB. Kemudian, langsung bergerak cepat menuju lokasi dan titik aman terkendali pada 09.00 WIB.

BACA JUGA:  2 Warga Depok Turut jadi Korban Kecelakaan Tol KM 58

“Lima petugas kami dari UPT Cimanggis dengan sigap menangkap ular sanca dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menangkapnya,” ujarnya usai melakukan evakuasi.

Dirinya menuturkan, ular dengan panjang 4,5 meter ini, diamankan di sebuah pabrik. Petugas menggunakan sejumlah peralatan antara lain hook dan grabstick.

“Ular yang berhasil ditangkap untuk sementara dibawa ke UPT Cimanggis, karena proses evakuasi dilakukan oleh tim dari UPT Cimanggis,” tuturnya.

BACA JUGA:  Pemkot Depok Tegaskan Tak Ada WFH Idul Fitri, Semua Ngantor

Welman pun mengingatkan kepada warga Depok, apabila menemukan ular di sekitar rumah atau lingkungannya agar tidak mengganggu atau mencoba menangkap sendiri. Terlebih, jika tidak memiliki keahlian untuk mengatasi ular.

“Bisa langsung telpon ke Damkar di nomor 021-77827280 atau lewat Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112. Saat menunggu petugas Damkar datang, diamkan saja, tetap perhatikan gerakannya,” tandasnya.