Berkunjung ke UI, National Quemoy University Jajaki Kolaborasi

Berkunjung ke UI, National Quemoy University Jajaki Kolaborasi

DEPOKPOS – Universitas Indonesia (UI) menerima kunjungan delegasi dari National Quemoy University (NQU), Taiwan, di Gedung Rektorat UI, Senin (10/4). Pertemuan tersebut bertujuan untuk menjajaki kemungkinan membangun ikatan yang kuat dengan memperluas koneksi antar universitas, yang memungkinkan dapat merekrut lebih banyak mahasiswa internasional dari berbagai negara dan program short-term exchange.

Delegasi dari NQU dipimpin oleh Dean of International Office, Dr. Yvonne Yu-Fang Yen; Secretary of Dean of International Office NQU, Huang ShuLin; dan Student of Business Administration, Vicente Maximilliano. Dari pihak UI, hadir menerima kunjungan tersebut adalah Sekretaris Universitas, dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D.; Kepala Kantor Urusan Internasional, drg. Baiduri Widanarko, M.KKK, Ph.D., dan Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP), Dra. Amelita Lusia, M.Si.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:  Society of Petroleum Engineers UI Raih Penghargaan Internasional

Penandatanganan kerja sama antara UI dan NQU sebenarnya telah dilakukan pada masa pandemi, namun kunjungan ini adalah kedatangan perdana bagi pihak NQU ke Kampus UI Depok. Kedua perguruan tinggi ini menyepakati kerja sama dalam ruang lingkup mobilitas program akademik dan non-akademik untuk tenaga kependidikan dan mahasiswa, pertukaran pelajar, serta program joint research. Dalam pidato sambutannya, dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D. mengatakan “Dengan adanya kolaborasi kerja sama sebelumnya antar UI dan NQU, diharapkan kita dapat meningkatkan kegiatan kolaborasi yang lebih kuat untuk selanjutnya.”

BACA JUGA:  Society of Petroleum Engineers UI Raih Penghargaan Internasional

Di NQU sebelumnya sudah ada salah seorang mahasiswa UI dari Sastra Cina, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) angkatan 2019, yaitu Adinda Nur Safitri. Ia mengikuti program pertukaran pelajar ke NQU pada semester lalu. Keaktifannya semasa kuliah di NQU, menurut Dr. Yvonne, seolah menghadirkan UI lebih dekat lagi kepada pihak kampus di sana.

Dr. Yvonne Yu-Fang Yen menyampaikan, “UI merupakan salah satu universitas dengan reputasi akademik yang baik secara global, memiliki mahasiswa dengan performa yang baik pula dalam mewakili kampusnya di tempat kami, sehingga menjadikan UI sebagai salah satu universitas mitra destinasi pilihan kami. Diharapkan dengan adanya pertemuan ini, akan mampu menarik mahasiswa yang lebih banyak dalam melakukan perjalan pertukaran pelajar ke depannya,” kata Dr. Yvonne.

BACA JUGA:  Program Kolaboratif Indonesia-Malaysia, “SustainaBlue” Ditujukan Untuk Percepat Pengembangan Blue Economy dan Green Transition

Kedua universitas menawarkan kolaborasi yang mencakup Pertukaran Tenaga Kependidikan Fakultas (Joint Courses), Student and Staff Visits, Student Exchanges, dan Summer Courses antar kedua Universitas.

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait