Abses Bezold: Peyebab, Gejala dan Pencegahannya

DEPOKPOS Abses bezold adalah kondisi terjadinya penumpukan nanah di jaringan dalam leher tepatnya di bagian sternomastoid yang terletak di belakang telinga. Kondisi ini adalah komplikasi yang jarang terjadi pada kasus mastoiditis (infeksi dan peradangan pada tonjolan tulang di belakang telinga yang dikenal dengan tulang mastoid). Diberi nama abses bezold sesuai dengan penemunya, yaitu Dr Friedrich Bezold.

PENYEBAB

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:  Kedelai Mampu Kurangi Risiko Kanker Payudara

Infeksi yang menyebar ke area sternomastoid pada saat terjadi mastoiditis adalah penyebab tersering dari abses bezold. Bakteri Streptococcus pneumoniae adalah jenis kuman penyebab infeksi yang tersering. Riwayat pembedahan di area sternomastoid juga merupakan salah satu faktor risiko terjadinya abses bezold.

PENCEGAHAN

Sebagian besar kasus abses bezold terjadi sebagai komplikasi dari mastoiditis. Penanganan yang tepat apabila terjadi mastoiditis dapat membantu mencegah terjadinya abses bezold.

Selain itu, menjaga kesehatan dan kebersihan telinga dengan baik juga akan membantu meminimalisasi terjadinya infeksi di sekitar telinga yang dapat memicu terjadinya abses bezold.

BACA JUGA:  Konsumsi Cabai Ternyata Dapat Mencegah Berbagai Macam Penyakit

DIAGNOSIS

Pemeriksaan fisik akan dilakukan untuk mengamati gejala-gejala yang muncul. Selain itu pemeriksaan riwayat kesehatan yang menunjukkan adanya riwayat mastoiditis juga berperan penting dalam mengarahkan diagnosis. Karena ada beberapa jenis abses yang mungkin terjadi di daerah sekitar leher abses bezold harus dibedakan dengan abses lainnya.Salah satu cara menegakkan diagnosis abses bezold adalah melalui CT scan, sehingga identifikasi letak penumpukan nanah dapat dilihat dengan jelas.

PENANGANAN

Tindakan operasi umumnya diperlukan jika memang penumpukan nana telah terkonfirmasi. Tindakan operasi ini bertujuan untuk membersihkan nanah. Apabila perlu maka dilakukan mastoidektomi, yaitu prosedur mengeluarkan sel udara mastoid sebagai salah satu caa menangani infeksi mastoiditis.

BACA JUGA:  Manfaat Daun Mint dalam Mengurangi Gejala Kecemasan

GEJALA

Gejala umum pada kasus abses bezold antara lain demam, nyeri pada bagian telinga, pembengkakan di sekitar leher, keluar cairan dari telinga, terbatasnya gerakan leher, serta gangguan pendengaran.

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait