5 Ide Bisnis Raup Cuan di Bulan Ramadhan

5 Ide Bisnis Raup Cuan di Bulan Ramadhan

DEPOKPOS – Hasil kajian Febriyanto dkk (2019) menunjukkan bahwa rata-rata konsumsi rumah tangga meningkat antara 10-30% hingga 100-150% selama bulan puasa. Komponen penunjang peningkatan itu termasuk anggaran untuk keperluan belanja berbuka, sahur hingga ibadah.

Momentum inilah yang bisa dimanfaatkan untuk membuka peluang usaha musimam untuk menambah pemasukan. Bagi yang ingin memanfaatkan hal tersebut, berikut rekomendasi ide usaha yang usaha cocok untuk kamu geluti.

1. Takjil

Takjil adalah makanan yang identik sebagai kudapan yang disantap untuk membatalkan puasa. Ada beragam menu takjil yang digandrungi oleh masyarakat, seperti kolak, sup buah, es campur, begitupun kurma, atau menu yang asin seperti gorengan, lemper, semur ayam, martabak telur dan lain semacamnya. Besarnya modal yang Anda butuhkan untuk memulai usaha takjil ini cukup bervariasi, karena sangat tergantung dari target menu yang akan dipasarkan.

BACA JUGA:  CIMB Niaga Syariah dan Dompet Dhuafa Wujudkan Masyarakat Berdaya lewat Imbal HasilWakaf

2. Perlengkapan Ibadah

Perlengkapan ibadah merupakan salah satu kebutuhan dalam bulan Ramadan untuk menjalankan kegiatan salat, mengaji, tarawih, dan ibadah lainnya. Hal ini bisa Anda pilih sebagai alternatif usaha saat Ramadan. Perlengkapan ibadah yang dibutuhkan oleh masyarakat yaitu mukena, sarung, serta sajadah portabel.

3. Katering Makanan

Di tengah kesibukan menjalani aktivitas pada saat Ramadan, kerap kali masyarakat tidak sempat untuk memasak makanan berbuka atau sahur. Anda bisa memulai usaha katering untuk ditawarkan kepada tetangga, teman, atau menawarkan kepada calon pelanggan lewat media sosial atau membagikan brosur. Menu yang sering dipilih tentunya yang memiliki ketahanan, agar tidak cepat basi. Contoh makanan yang tidak cepat basi ialah rendang, sambal goreng, ayam goreng, dendeng daging, kering tempe, kentang kering, sambal ikan teri, sambal ikan rowa, dan lain – lain.

BACA JUGA:  Strategi Pengembangan UMKM di Era Digital

4. Kue Kering

Masyarakat sudah mempersiapkan berbagai jenis kue kering yang disajikan menjelang Idul Fitri. Biasanya, selama bulan Ramadhan bahkan dari sebelumnya, usaha ini sudah ramai untuk ditawarkan kepada kerabat, teman, tetangga atau relasi. Permintaan kue kering paling diminati oleh masyarakat untuk disantap saat momentum Idul Fitri untuk menyambut tamu saat bersilaturahmi. Beberapa rekomendasi kue kering yang paling diminati, yakni putri salju, nastar, kastengel, lidah kucing dan banyak lagi macam nya. Bisnis ini menjadi alternatif yang menjanjikan karena tingginya permintaan pasar pada saat hari raya.

BACA JUGA:  Lake Vista Shila, Hunian Modern di Sawangan yang Nyaman dan Asri

5. Busana Muslim

Saat bulan Ramadan, masyarakat sering melakukan acara buka puasa bersama dengan keluarga, teman atau kerabat. Mereka perlu tampil rapih dan berbeda dari biasanya. Untuk itu diperlukan pakaian muslim dengan warna dan model baru. Sebab di momen untuk mempererat tali silaturahmi itu banyak orang ingin terlihat ceria dan memukau. Busana muslim tersebut juga diperlukan untuk dipakai saat Idul Fitri. Untuk memulai usaha baju muslim, Anda bisa memulai dengan mencari distributor atau menjadi anggota reseller.

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait