Peran Pemuda sebagai Agen Perubahan

DEPOK POS – Masa depan negara bangsa Indonesia sangatlah ditentukan oleh generasi muda. Maka dari itu setiap pemuda, baik yang masih berstatus pelajar, mahasiswa ataupun yang sudah menyelesaikan pendidikannya menjadi faktor penting yang sangat diunggulkan oleh negara Indonesia dalam mewujudkan cita-cita bangsa.

Peran pemuda sebagai sebagai agent of change atau agen perubahan. Artinya bahwa pemuda memiliki peranan untuk menjadi faktor terpenting dari kemajuan bangsa itu sendiri, baik buruknya suatu negara dilihat dari kualitas pemudanya, karena generasi muda adalah penerus dan pewaris kekayaan bangsanya.

Generasi muda harus mempunyai integritas dalam membangun bangsa dan negaranya, bermoral, nasionalis, berdaya saing, berilmu dan mampu beradaptasi dalam teknologi untuk bersaing secara global.

Perjalanan panjang negara Indonesia hingga saat ini tidak lepas dari warna-warni yang diberikan pemuda yang peduli pada bangsa dan negaranya.

Seperti pidato Ir. Soekarno “Beri aku sepuluh pemuda maka akan ku goncangkan dunia,” menyiratkan pesan yang sangat mendalam bahwa Negara ini sangat membutuhkan pemuda yang bergerak, berpikir dan membuat perubahan.

Perbedaan yang sangat jelas antara pemuda di era milenial dengan pemuda sebelumnya adalah perkembangan teknologi sekarang ini yang telah menjadikan para pemuda milenial masuk dalam dunia serba canggih nya teknologi, sebagai suatu kemudahan bagi pemuda dalam menciptakan sebuah pergerakan bangsa Indonesia yang maju.

BACA JUGA:   Bagaimana Pengaruh Kepribadian Audiens terhadap Penyampaian Pesan Bisnis

Berbicara tentang kemajuan Indonesia itu tidak lepas daripada siapa yang bergerak, siapa yang membuat perubahan, itu semua tidak lepas dari pemudanya. Jadi jangan salahkan jika banyak hoax yang beredar jika pemudanya saja tidak mengambil alih perubahan, membuat konten positif dan inspiratif, membuat edukasi-edukasi untuk menekan mundur angka hoax tadi.

Jangan salahkan konten yang trending di YouTube adalah konten yang tidak berguna, tidak bermanfaat kalau kita sebagai pemuda saja tidak melakukan apa-apa, membuat konten yang lebih bermanfaat dan menekan mundur konten unfaedah tadi.

Jangan salahkan jika negara dan bangsa Indonesia 5 atau 10 tahun kedepan tidak ada perubahan sama sekali jika pemudanya saja tidak melakukan persiapan untuk melakukan perubahan.

Zaman berganti, waktu berlalu, teknologi hadir dan berkembang pesat. Pemuda yang bisa beradaptasi akan maju lebih cepat, bergerak lebih cepat, mereka yang tidak bisa akan diam ditempat dan lebih memilih mundur.

Ketika manusia berhenti melakukan perubahan ke arah yang lebih baik maka mereka akan mati diam di tempat mundur kebelakang, lalu apa yang menjadi perbedaan antara pemuda sekarang dengan pemuda terdahulu, dan apa yang menjadi perbedaan antara pemuda sekarang dan pemuda yang akan datang, maka tentunya lakukanlah perubahan-perubahan untuk bangsa dan negara Indonesia yang maju dan lebih baik.

BACA JUGA:   Mengenal Dampak Krisis Global Terhadap Stunting serta Optimalisasi 1000 HPK sebagai Kunci Menuju Indonesia Bebas Stunting untuk Generasi Emas 2045

Oleh karena itu, tanpa adanya peranan pemuda Indonesia, maka bangsa Indonesia akan mengalami kesulitan dalam hal kemajuan, pembangunan, perubahan, bahkan identitas bangsa akan memudar dengan sendirinya.

Pemuda memiliki beberapa peranan yang harus dilakukan sebagai generasi penerus bangsa, yaitu :

Agent of Change

Sebagai agen perubahan, pemuda Indonesia memiliki peranan untuk menjadi pusat dari kemajuan bangsa ini. Hal ini dapat dilakukan melalui pengadaan perubahan dalam lingkungan masyarakat ke arah yang lebih baik, seperti melalui upaya saling memotivasi dan mendorong adanya kemajuan di dalam masyarakat.

Agent of Development

Sebagai agen pembangunan, pemuda memiliki peranan melancarkan atau melaksanakan berbagai macam pembangunan di berbagai bidang, seperti dalam bidang kebudayaan dengan memperkenalkan kebudayaan tersebut ke dunia internasional.

Agent of Modernizations

Sebagai agen pembaruan, pemuda Indonesia mempunyai peranan untuk mempertahankan identitas bangsa dengan tetap mengikuti dinamika di era modern seperti sekarang. Misalnya, perkembangan teknologi di Indonesia yang semakin maju dalam berbagai bidang dapat menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang tidak tertinggal dalam bidang teknologinya. Tapi, hal ini juga memunculkan masalah baru, yaitu mudahnya budaya luar masuk ke bangsa ini. Itu semua adalah tantangan pemuda sebagai agen pembaruan.

BACA JUGA:   Instagram sebagai Media Pemasaran yang Aktif

Membangun Pendidikan

Pendidikan adalah fondasi dari segala hal. Tanpa pendidikan, pemuda akan sulit menjalankan perannya sebagai generasi penerus bangsa. Hal ini dikarenakan pendidikan perlu ditanamkan sejak dini kepada pemuda agar kelak mereka dapat meningkatkan dan meratakan mutu pendidikan di Indonesia, terutama di daerah terpencil.

Memiliki Semangat Juang yang Tinggi

Semangat juang yang tertanam pada pemuda dahulu dan pemuda yang sekarang dapat berbeda. Semangat juang di masa sekarang bisa berupa pencapaian prestasi yang dapat membanggakan bangsa ini. Dalam diri setiap pemuda, harus ada sikap tidak mudah menyerah, menjaga persatuan dan kesatuan, serta cinta tanah air.

Jadi kunci kesuksesan negara ini ada di tanganmu pemuda-pemudi Indonesia, maka sadar untuk tingkatkan peranmu dan ketahui fungsimu di bangsa ini. Lalu terapkanlah sebagai mana mestinya. Sudah waktunya pergerakan-pergerakan pemuda Indonesia kembali bangkit. Kita adalah pemegang tumpuk perjuangan. Berjuanglah untuk mengembalikan rasa keadilan bagi seliuruh rakyat Indonesia.

Penulis : Hardilah Pausiyanti (STEI SEBI)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.