oleh

Jangan Malas Bangun Pagi, Ini 7 Manfaatnya Bagi Kesehatan!

Bangun pagi bukan merupakan hal yang sulit namun juga bukan hal yang mudah. Karena bangun pagi adalah sebuah kebiasaan dari gaya hidup seseorang. Bagi para pekerja atau pelajar, bangun pagi adalah hal yang biasa. Karena mereka diwajibkan untuk tiba di lokasi pagi hari, hingga pada akhirnya bangun pagi menjadi sebuah kebiasaaan.

Namun, harus pada pukul berapa kita bangun sehingga bisa disebut bangun pagi? Yang disebut bangun pagi adalah bangun tidur antara pukul 4.30 sampai pukul 6.00.

Bangun pagi memiliki berbagai manfaat baik pada tubuh kita. Karena pada saat pagi hari, udara yang kita hitup masih bersih dan segar serta terbebas dari polusi. Mau tahu apa saja manfaat dari bangun pagi? Yuk simak 7 manfaat bangun di pagi hari berikut ini.

BACA JUGA:  Agar Tak Salah Perawatan, Pahami 5 Cara Merawat Rambut Rusak

Mendapat udara segar
Udara segar tentu sangat baik bagi kesehatan, khususnya pernapasan. Jika kita bangun pagi, kita memiliki kesempatan menghirup udara bersih lebih banyak dari pada mereka yang bangun siang. Maka dari itu, bangun pagi lebih menyehatkan.

Melancarkan peredaran darah
Selain baik untuk pernapasan, udara segar juga baik untuk peredaran darah. Udara segar mampu menambah kadar oksigen dalam darah yang membuat aliran darah lancar.

BACA JUGA:  Tidak Hanya Unik, Ini dia 5 Manfaat Spesial Buah Naga

Memaksimalkan funsgi otak
Cangkupan peredaran darah adalah seluruh tubuh, termasuk otak. Maka, darah yang mengandung oksigen yang baik akan mengalir pada otak, Proses tersebut membantu memaksimalkan fungsi otak.

Meningkatkan daya ingat
Setelah otak berfungsi secara maksimal, otomatis memori otak juga akan maksimal. Maka dari itu bangun pagi mampu mengurangi resiko pikun.

Menyehatkan paru-paru
Udara pagi hari tentu berbeda dengan udara siang hari. Udara pagi hari tidak mengandung polusi yang dapat menyebabkan rusaknya paru-paru kita.

BACA JUGA:  5 Tips Sederhana Melancarkan BAB

Menyehatkan jantung
Peredaran darah yang lancar dan kandungan oksigen yang baik tentu sangat diperlukan untuk kesehatan jantung. Karena banyak gangguan jantung yang disebabkan oleh aliran darah yang terhambat dan kurangnya kandungan oksigen. Dengan begitu, bangun pagi mampu menyehatkan jantung.

Meningkatkan sistem imun.
Udara pagi mampu membantu untuk pembentukan antibodi yang maksimal sehingga pembentukan sistem imunpun akan meningkat. (Fuad Rahmat)

Komentar

Berita lainnya