oleh

Tak Perlu Mahal, Bawang Merah Bisa Atasi Diabetes

Bawang merah selain digunakan untuk bumbu memasak, juga berguna untuk kesehatan. Salah satunya untuk para penderita diabetes, karena bawang merah mampu menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh.

Hal tersebut dikarenakan pada bawang merah terdapat komponen sulfur yang bernama S-methylcysteine dan flavonoid quercetin. Kedua senyawa tersebutlah yang berperan dalam menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh.

Berdasarkan hasil studi pada tahun 2014 yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrition mengindikasikan bawang merah bisa memberikan dampak hypoglycemic bagi penderita diabetes. Hypoglycemia atau yang biasa orang awam sebut sebagai gula darah rendah adalah suatu keadaan di mana kadar gula (glukosa) dalam tubuh seseorang berada di bawah kadar normal.

BACA JUGA:  Kenali Manfaat Jojoba Oil untuk Kulit

Selain itu, bawang merah cocok dikonsumsi pada musim panas seperti sekarang ini. Karena bawang merah Kaya akan komponen quercetin, yang mengandung antihistamin sehingga mampu membantu menghentikan pelepasan alergen histamin dari sel tubuh. Hal tersebut yang mampu mencegah timbulnya ruam pada kulit yang disebabkan oleh panas. (Fuad Rahmat)

Komentar

Berita lainnya