oleh

Ragam Manfaat Buah Kelapa bagi Kesehatan dan Kecantikan

Kelapa adalah salah satu tumbuhan flora yang banyak hidup di indonesia terkhusus di pulau Sumatera dan hampir di setiap pulau di indonesia ditumbuhi oleh kelapa. Kelap adalah buah yang memiliki banyak manfaat yang bisa di manfaat baik untuk kesehatan, kecantikan, untuk bahan produksi rumah tangga dan lainnya.

Buah kelapa adalah bagian paling bernilai ekonomi karna semua bagian dari buah kelapa bisa dijual, dari batok kelapa yang bisa dijadikan briket, air kelapa jadi nata de coco, dagingnya juga bisa dijadikan minyak kelapa, selain dijadikan minyak daging kelapa juga bisa dijadikan tepung kelapa.

Bukan rahasia bila kelapa merupakan tanaman yang hampir seluruh bagiannya dapat dimanfaatkan. Khususnya daging buah kelapa yang mengandung berbagai kandungan nutrisi, membuatnya tidak hanya baik untuk kesehatan, tapi juga untuk kecantikan.

BACA JUGA:  Siapa Sangka, Menangis Ternyata Bermanfaat bagi Kesehatan

Menurut dr. Allert Benedicto Ieuan Noya, buah kelapa mengandung banyak nutrisi penting yang bermanfaat bagi tubuh, seperti vitamin C, serat, protein, kalium, dan magnesium. Ditambah lagi, buah kelapa juga rendah karbohidrat dan kalori.

Berikut beberapa manfaat buah kelapa untuk kesehatan 

Melawan radikal bebas
Air kelapa bersifat antioksidan, sehingga mampu mengatasi radikal bebas yang bisa merusak sel-sel yang terdapat di dalam tubuh.

Mengatasi sejumlah penyakit
Air kelapa juga bisa digunakan untuk mengatasi sejumlah penyakit, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, serta gangguan pada ginjal.

Mengurangi risiko gangguan jantung
Air kelapa diyakini bisa menurunkan kolesterol dan trigliserida, sehingga bisa membantu mengurangi risiko gangguan jantung.

BACA JUGA:  Apakah Pelacak Kebugaran Penunjang Kesehatan Penggunanya?

Manfaat Buah Kelapa untuk Kecantikan

Kandungan nutrisi yang dimiliki kelapa dapat dimanfaatkan untuk kecantikan. Misalnya minyak kelapa yang banyak digunakan sebagai bahan alami sejumlah produk kecantikan.

Menurut penelitian, kandungan alami yang terdapat di minyak kelapa bisa membantu menjaga kesehatan rambut, melembapkan kulit yang kering, membersihkan jamur di sekitar tumit, serta mencegah penyakit kulit.

Produk kecantikan berbahan dasar minyak kelapa bisa dijual dalam bentuk padat seperti krim atau bentuk cair, seperti losion. Sebelum membeli produk kosmetik untuk kulit berbahan dasar minyak kelapa, Anda dianjurkan untuk memilih produk yang mengandung 100% minyak kelapa.

Selain menggunakan produk berbahan minyak kelapa, Anda juga dapat mengambil manfaat minyak kelapa alami untuk kecantikan:

BACA JUGA:  Kandungan Nikotin dalam Rokok Elektrik

Minyak kelapa untuk rambut
Anda bisa menggunakan minyak kelapa dengan cara mengoleskan ke rambut yang kering. Diamkan selama 20 – 30 menit, lalu bersihkan dengan air yang mengalir. Anda juga bisa menggunakannya sebagai pelembut rambut, sehingga rambut terlihat tetap rapi dan wangi.

Minyak kelapa untuk kulit
Minyak kelapa memiliki efek antijamur dan bisa melembapkan kulit kering. Anda cukup mengoleskannya ke kulit yang kering agar kulit terasa lembut dan mencegah jamur di telapak kaki. Anda juga bisa menggunakannya di bibir untuk mengatasi bibir yang kering dan pecah-pecah.

Tepung kelapa sekarang juga sudah dikembangkan jadi masker wajah. (Oschadiva Edisha Putri)

 

Komentar

Berita lainnya