oleh

5 Cara Menjaga Kesehatan Tulang Belakang Tetap Kuat

Tubuh kita tidak selamanya berada dalam kondisi prima. seperti barang, seiring berjalannya waktu semakin bertambahnya usia, organ-organ tubuh kita akan mengalami penurunan kualitas. Namun, jika kita tahu cara merawat dan mencegah penurunan kualitas organ tubuh kita, hal tersebut tidak perlu terlalu di khawatirkan.

Seperti tulang punggung yang merupakan organ vital pada tubuh kita, perannya lama-kelamaan menjadi kurang protektif dan menjadi sempit seiring bertambahnya usia. Tulang punggung mulai menua sejak usia 30 tahun dan semakin menua ketika menginjak 40-60 tahun.

Berdasarkan hasil studi yang dilakukan oleh National Institute of Neurological Disorders and Stroke, penyebab utama nyeri tulang belakang adalah penyakit tulang belakang yang menyebabkan pembengkakan, gelisah, berkurangnya fleksibilitas, hingga berkurangnya mobilitas tulang belakang.

BACA JUGA:  5 Cara Mudah Membuat Masker Wajah dengan Bahan Alami

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, berikut 5 cara menjaga tulang belakang agar tetap sehat hingga tua.

Olahraga setiap hari
Dengan berolahraga setiap hari tubuh kita akan terbiasa dengan gerakan-gerakan. Hal tersebut dapat menguatkan otot-otot yang lebih kuat untuk mendukung aktivitas kita di masa tua.

Ubah posisi duduk
Setiap harinya aktifitas kita seringkali dilakukan dalam posisi duduk. Hal ini bisa menyebabkan masalah tulang belakang. Maka dari itu, demi menjaga kualitas tulang punggung kita, kenyamanan saat posisi duduk harus diperhatikan. Seperti tingggi rendah kursi dan lengkungan sandarannya. Usahakan jangan membungkuk kearah layar. Ubahlah posisi duduk secara rutin agar tulang punggung kita tidak kaku.

BACA JUGA:  5 Tips Menjaga Kesehatan Mata

Tidur dengan posisi yang tepat
Tidur dengan posisi menyamping adalah posisi tidur yang tepat. Hal ini disebabkan karena tidak adanya tekanan pada tulang belakang. Maka dari itu, hindarilah posisi tidur tengkurap. Selain posisi tidur, perhatikan juga kenyaman tempat tidur dan posisi bantal, ini juga merupakan hal penting karena menjadi tempat tulang belakang beristirahat.

BACA JUGA:  Tidak Hanya Unik, Ini dia 5 Manfaat Spesial Buah Naga

Tidak mengangkat beban terlalu berat
Tentu mengangkat hal berat dapat menyebabkan cedera tulang belakang. Baiknya, kita hanya mengangkat beban yang beratnya tidak lebih dari 25% berat tubuh kita. Jika terpaksa harus mengangkat beban berat, lakukanlah dengan cara perlahan. Jangan melakukannya dengan sekali hentakan. Mulailah dengan membungkuk pada lutut lalu angkat perlahan.

Melakukan peregangan
Dengan peregangan rutin tubuh kita akan menjadi fleksibel, sendi-sendi kita akan berfungsi dengan baik dan sempurna, meredakan kekauan otot dan meningkatkan stabilitas tubuh. (FR)

Komentar

Berita lainnya