oleh

Ketahui Cara Membersihkan Lensa Agar Awet dan Tahan Lama

Selama ini, banyak orang yang menggunakan kacamata namun minim pengetahuan cara untuk membersihkannya. Banyak diantara pengguna kacamata yang membersihkannya dengan cara menghembuskan napas ke lensa lalu di lap menggunakan baju. Cara tersebut adalah cara yang salah, karena dapat menyebabkan goresan pada lensa hingga akhirnya merusak lensa kacamata.

Tergoresnya lensa disebabkan oleh debu dan kotoran yang menempel pada baju atau kain yang digunakan untuk membersihkan kacamata. Pada umumnya, lensa kacamata berbahan plastik. Keunggulan dari bahan ini adalah bobotnya yang ringan dan mudah dibentuk. Namun, kekurangannya yaitu sangat mudah tergores.

Maka dari itu, untuk memperpanjang umur lensa kacamata yuk simak cara membersihkan lensa kacamata yang baik.

Bersihkan di air mengalir
Basahkan kedua lensa kanan dan kiri secara merata, sesuaikan berapa banyak air yang mengalir pada kacamata. Cara ini merupakan cara yang aman dan tepat, karena jika membersihkan kacamata dalam kondisi kering, residu yang menempel di permukaan lensa akan tergores lebih jauh lagi.

Gunakan sabun pencuci piring
Setelah lensa basah tadi, beri sedikit sabun cuci piring pada ujung jari lalu oles dan ratakan pada kedua lensa kacamata. Setelah itu bilas dengan air hangat dan keringkan dengan kain bersih dan lembut. Cara ini dorekomendasikan oleh American Optometric Association.

Pastikan tangan bersih
Jangan terburu-buru untuk membersihkan lensa kacamata. Pastikan tangan kita besih terlebih dahulu. Membersihkan tangan tidak hanya dengan mengelap tangan kita pada kain saja, tapi dengan mencuci tangan untuk memastikan tangan kita terhindar dari kotoran, debu, lotion, minyak, atau apapun yang bisa berpindah ke lensa kacamata.

Bawa ke optik
Jika merasa tidak cukup yakin untuk membersihkan lensa sendiri, kita bisa membawa kacamata kita ke optik untuk dibersihkan secara menyeluruh. Tentu disana kacamata kita akan dibersihkan dengan cara yang sesua dan benar tanpa harus khawatir akan terjadi kerusakan. Kebersihannya pun akan menyeluruh dan detail. Dibeberapa optik menyediakan layanan ini secara cuma-cuma. (FR)

Komentar

Berita lainnya