oleh

5 Tempat Makan Soto Paling Enak di Semarang

Dari sekian banyak kuliner yang ada di Semarang, soto ayam jadi salah satu kuliner favorit para pelancong.

Semarang jadi destinasi yang tepat untuk kamu yang berencana wisata kuliner. Ragam kulinernya yang enak serta harganya yang murah meriah jadi alasan mengapa kamu patut berkunjung ke ibu kota Provinsi Jawa Tengah tersebut. Akses menuju Semarang juga tidak sulit karena bisa ditempuh dengan jalur darat atau udara. Bila beruntung, kamu bisa mendapatkan tiket pesawat murah ke Semarang.

Dari sekian banyak kuliner yang ada di Semarang, soto ayam jadi salah satu kuliner favorit para pelancong. Kesegaran kuahnya serta isiannya yang melimpah membuatnya begitu nikmat, apalagi kalau disantap dengan nasi hangat. Nah, kalau kamu sudah beli tiket pesawat murah ke Semarang dan ingin mencoba soto ayam yang terbaik, berikut rekomendasi tempat makan soto ayam enak di Semarang. Dijamin bakal bikin kamu ketagihan, deh!

1. Soto Ayam Bokoran

Jika biasanya kuah soto ayam khas Semarang berwarna bening, berbeda dengan kuah soto ayam di warung Soto Ayam Bokoran yang justru berwarna kecokelatan. Warna cokelat ini rupanya berasal dari campuran bumbu sate yang dicampur ke dalam kuah soto.

Hal lain yang membuatnya berbeda adalah potongan tomatnya yang berukuran sangat besar. Jika tertarik mencicipi soto ayam di sini, warung Soto Ayam Bokoran beroperasi mulai pukul 06.00 hingga 12.00 WIB. Meski buka dari pagi, datanglah lebih awal agar tidak kehabisan.

Seporsinya dibanderol Rp11 ribu saja. Soal lokasinya, Soto Ayam Bokoran beralamat di Jln. Plampitan No.55, Semarang Tengah, Kota Semarang.

2. Soto Selan

Tak jauh berbeda dengan Soto Ayam Bokoran, kuah soto di Soto Selan juga berwarna kuning kecokelatan. Warna tersebut didapatkan dari kuah sate ayamnya yang terasa manis gurih. Di sini, kamu tak hanya bisa menikmati kelezatan soto ayamnya tapi juga bisa mencicipi sate telur ayam pindangnya yang disebut-sebut jadi lauk favorit para pelanggan. Sekali gigit, rasanya begitu legit.

Untuk merasakan kesegaran Soto Selan, datanglah ke Jln. Depok No.36D, Semarang Tengah, Kota Semarang. Warung makan soto ini buka pada pukul 06.30 hingga 14.00 WIB. Harga seporsi soto ayam di sini dibanderol Rp12 ribu.

3. Soto Ayam Pak Man

Berlokasi di Jln. Pamularsih Raya No.32, Semarang Barat, Kota Semarang, Soto Pak Man jadi tempat makan soto selanjutnya yang paling populer di Semarang. Bahkan, warung makan ini disebut-sebut jadi langganan para pejabat dan artis terkenal, loh. Tak heran kalau Soto Ayam Pak Man tak pernah sepi pengunjung.
Seporsi soto ayam yang berisi campuran nasi, bihun, suwiran daging ayam, tauge, potongan daun bawang, dan irisan tomat dibanderol dengan harga Rp16 ribu. Kalau kurang kenyang, kamu bisa menambahkan lauk seperti tahu goreng, tempe goreng, perkedel, dan aneka satai.

4. Soto Bangkong

Selain rasa kuahnya yang istimewa, hal lain yang membuat Soto Bangkok populer adalah penggunaan kecap manisnya yang merupakan produk sendiri sehingga menghasilkan cita rasa yang berbeda. Selain itu, Soto Bangkong juga menggunakan bawang putih sebagai penyedap alaminya.

Isian daging ayamnya juga sangat lembut karena menggunakan ayam kampung pilihan. Jika ingin menikmati Soto Bangkong, datanglah ke Jln. Brigjen Katamso No.1, Semarang Selatan, Kota Semarang. Tempat ini gelar lapak sejak jam 07.00 hingga 21.00 WIB. Jadi, kamu bisa kulineran saat pagi, siang, atau malam. Seporsi Soto Bangkong dibanderol dengan harga Rp15 ribu.

5. Soto Neon Pak Nie

Terakhir, kamu wajib mampir ke kedai soto Neon Pak Nie yang berlokasi di Jln. Pringgading No.16, Semarang Tengah, Kota Semarang. Soto Neon Pak Nie termasuk kuliner legendaris di Semarang karena sudah berdiri sejak tahun 1958. Kuah soto ayam buatan Pak Nie memiliki cita rasa gurih yang nikmat. Semakin mantap bila dinikmati dengan tambahan lauk seperti ampela ati, kerang, hingga tahu bacem. Seporsi soto ayam Pak Nie bisa dinikmati dengan hanya membayar Rp10 ribu. Murah banget, kan?

Jadi, soto ayam yang mana, nih, yang paling ingin kamu coba? Segera buat jadwal liburan ke Semarang, dong!

Komentar

Berita lainnya