oleh

Bingung Cara Membangun Mental Sukses? Yuk Kenali Dirimu

-Feature-611 views

Setiap orang pasti memiliki cita-cita, keinginan untuk maju dan mengubah hidupnya menjadi lebih baik. Tetapi, ketika melihat suatu kegagalan justru malah jatuh terpuruk.

Peribahasa mengatakan, “Kegagalan adalah sukses yang tertunda”. Artinya sebab pertama kegagalan terletak pada diri sendiri. Diri sendiri lah yang menjadi benteng kesuksesan karena 90% kegagalan terletak dari diri kita, sisanya baru disebabkan oleh faktor-faktor luar.

Tergantung langkah pertama apa yang akan kita lakukan dan akan berpengaruh besar untuk masa depan.

Kenali Siapa Dirimu

Diri kita lah pintu-pintu pertama menuju kehancuran ataupun kebahagiaan. Mengenali dirimu sendiri adalah awal semua kebijaksanaan — Aristoteles (Filsuf Yunani)

Cara yang paling pertama untuk mengenali diri sendiri yaitu mengetahui baik buruknya dirimu. Sisi baik dirimu bisa menjadi motivasi untuk diri sendiri bahkan orang lain, sedangkan sisi burukmu bisa diubah menjadi kebiasaan yang baik.

Kedua, hal apa yang membuat dirimu merasa unik dan istimewa yang jarang ada pada diri orang lain. Misalnya jujur, supel, kreatif, humoris, hargailah setiap kelebihan yang dimiliki dan jadikan sebagai poin utama dalam memandang diri sendiri.

Ketiga, kebaikan kecil yang terakhir dilakukan. Jangan menganggap sepele kebaikan sekecil apapun, bisa jadi kebaikan tersebut yang menjadi penolong saat kesulitan.

Keempat, lebih menyukai diri sendiri atau orang lain. Tak perlu menyesali kekurangan yang ada karena kekurangan yang dimiliki bisa menjadi daya pacu untuk merubahnya dan kamu akan melakukan hal yang diinginkan tanpa harus dibatasi oleh komentar orang lain. Kamu juga akan menjalaninya dengan penuh semangat dan bahagia. Be yourself.

Kelola Egomu, Sebelum Mengelola Cita-citamu

Adanya ego dapat merasakan cepat bosen terhadap apa yang kita lakukan jika tidak sesuai dengan yang direncanakan, gengsi minta maaf dan minta tolong, serta menjadi lebih agresif.

Cara mengelola ego bisa dilakukan dengan membuat nyaman orang sekitar dengan keberadaan kita, berhenti mengeluhkan masalah-masalah karena setiap masalah itu pasti ada jalan keluarnya, jangan hanya memandang satu sisi lihatlah sisi lain yang berupa hal positif, dan hilangkan rasa untuk selalu benar dihadapan orang lain.

Tajamkan dan Jernihkan Pikiranmu!

Hilangkan semua pikiran negatif dan gantilah dengan pikiran positif. Dengan ini, segala hal akan lebih mudah dijalani, lebih berani mengambil tindakan, dan pantang menyerah atas kegagalan yang telah dialami. Karena Tuhan sesuai dengan prasangka hamba-Nya.

Think Big, Act Small, Start Now

Think big. Berpikir besar akan menghasilkan kepercayaan yang besar. Sama halnya dengan percaya diri, apa yang dipikirkan bisa menjadi motivasi untuk diri sendiri agar lebih semangat untuk melakukan banyak hal.

Thomas Alva Edison yang merupakan seorang ilmuwan yang selalu berusaha dan percaya bahwa apa yang dilakukannya akan menjadi suatu penemuan yang bermanfaat untuk orang banyak. Berkali-kali gagal dan terus mengubah berbagai metode untuk mencapai suatu tujuan sehingga menciptakan penemuan besar yaitu lampu pijar yang hingga sekarang masih digunakan.

Act small. Membuat visi dan misi sangatlah penting, seperti Thomas Alva Edison yang mempunyai visi bahwa penemuannya bisa bermanfaat. Dengan visi tersebut, perlu beberapa misi untuk mewujudkan suatu visi. Sama hal nya dengan merancang cita-cita. Dengan melakukan tindakan kecil, tapi dilakukan secara konsisten maka akan menghasilkan sebuah hasil yang akan terasa lebih ringan.

Start now. Menunda dan menunggu merupakan musuh terbesar untuk memulai suatu tantangan. Banyak hal yang dilewatkan jika menunda-nunda, yaitu kesempatan tidak datang dua kali, tidak menghargai waktu, tidak mempunyai keyakinan terhadap kemampuan, dan tidak mempunyai skala prioritas. Mulai lah dari hal yang kecil.

Kehidupan tidak akan menjadi lebih baik karena sebuah kesempatan, kehidupan akan selalu menjadi lebih baik karena keberanian untuk mengambil tindakan disetiap kesempatan. (Akfini Farihah Fiddarayni)

Komentar

Berita lainnya