Perlukah Kafein untuk Menemani Rutinitas Kita?

Kafein memang sudah menjadi ciri khas masyarakat dunia terutama di indonesia,yang berupa minuman kopi, untuk disajikan dalam kegiatan sehari-hari, karena indonesia merupakan penghasil terbesar kopi di dunia.

Banyak cara masyarakat dalam mengonsumsi kafein, baik dalam soft drink atau berbentuk makanan, kafein yg terkandung pada kopi memang memiliki beberapa manfaat positif begitupun negatif.

Selain menambah semangat, kopi juga berguna untuk menumbuhkan daya ingat otak menjadi lebih cermat. Kopi memang mempunyai manfaat yg baik dalam menemani rutinitas kita, namun ada dampak negatif yg mesti diperhatikan oleh para penggiat rutinitas terutama para pekerja.

Kafein yg dikonsumsi secara berlebihan tidak baik untuk tubuh kita, karena bisa mengakibatkan beberapa dampak diantaranya.

1. Insomnia

Kopi yg diminum pada malam hari, bisa mengakibatkan insomnia yang berlebih, bagi anda yg memiliki kesibukan esok hari, sebaiknya jangan meminum kopi pada malam hari, karena bisa menyebabkan insomnia yg berlebih, sehingga membuat anda mengantuk saat melakukan aktivitas di keesokan harinya, sebaliknya sangat dianjurkan bagi anda yg ingin bergadang dimalam hari, sebaiknya agar mengonsumsi kafein terlebih dahulu.

2. Asam lambung naik

Selain dampak positif meningkatkan nafsu makan, kafein jga bisa membuat asam lambung naik dalam proses pencernaannya bagi anda yg memilki asam lambung lebih, bagi anda yg pekerja yg memiliki asam lambung sebaiknya tidak meminum kopi sebelum makan atau saat lapar, karena akan menyebabkan asam lambung meningkat dan perut kita akan sakit.

3. Tekanan darah meningkat

kandungan kafein juga bisa meningkatkan tekanan darah yg tinggi, dan memicu pada jantung kerja lebih cepat, akibatnya bisa menyebabkan jantungan, bagi anda yg memiliki tekanan darah tinggi dalam menjalankan rutinitas sebaiknya agar mengurangi mengonsumsi asupan kafein yg berlebih, karena berdampak pada jantung. (Arif Rahman Hakim)

Komentar

Berita lainnya