7 Cara Agar Telinga Tetap Sehat

Ilustrasi. (Istimewa)

Telinga merupakan salah satu panca indra yang sangat penting bagi manusia. Dengan telinga kita bisa mendengar indahnya bunyi-bunyian di dunia ini. Telinga terdiri ata tiga bagian yaitu telinga luar, telinga tengah dan telinga dalam. Selain fungsinya dengan pendengaran, telinga dalam juga memiliki organ-organ yang berkaitan dengan keseimbangan dan gerakan. Karena memiliki sepasang telinga, kita dapat menentukan sumber dan arah bunyi.
Telinga manusia dapat mendeteksi bunyi antar 20 hingga 20.000 hertz. Namun kemampuan penurunan pendengaran bisa terjadi karena mengalami gangguan yang menyebabkan kinerja dan fungsinya menurun. Maka kita harus menjaga kesehatan telinga untuk mencegah kerusakan pada pendengaran selain itu membebaskan kita dari rasa sakit dan infeksi. Berikut adalah cara menjaga kesehatan telinga.
1. Bersihkan secara rutin
Telinga harus dibersihkan 1-2 kali sehari. Untuk daun telinga dapat dibersihkan dengan menggunakan air bersih yang dicampur dengan sedikit baby oil atau dengan menggunakan kain basah.
2. Batasi penggunaan cotton bud
Penggunaan cotton bud bisa dipakai sesering mungkin, namun untuk membersihkan daun telinga dan rongga telinga luar saja. Kebiasaan menggunakan cotton bud sampai telalu dalam dapat mendorong kotoran telinga masuk lebih dalam lagi dan meningkatkan resiko cedera pada gendang telinga.
3. Hindari lokasi bising
Berada di lokasi bising secra terus menerus dapat mengakibatkan pendengaran kita terganggu dan secara pelahan mengalami kerusakan. Hal ini karena kebisingan dapat membuat kepekaan telinga dalam menangkap suara berkurang sehingga akhirnya daya pendengaran akan terganggu.
4. Kurangi penggunaan headset
Penggunaan headset dengan waktu yang lama dan suara full dapat mengakibatkan rasa sakit di area telinga, dan mengganggu pendengaran. Sebaiknya gunakan headset dengan volume kecil dan dalam jangka waktu tidak terlalu lama.
5. Jangan terlalu sering kemasukan air
Ketika masuk kedalam telinga, air akan memicu pertumbuhan bakteri yang mungkin melukai gendang telinga dan menyebabkan menurunnya fungsi pendengaran, baik parsial atau permanen. Jadi, pastikan untuk berkonsultasi dengan spesialis THT jika anda menemukan gangguan tersebut pada telinga.
6. Jangan menggaruk telinga
Saat telinga terasa gatal, hindarilah untuk menggaruknya karena ini bisa membuat goresan luka dan akan menjadi infeksi . Sangat disarankan untuk segera ke dokter dan periksakanlah keadaan telinga.
7. Perawatan rutin
Melakukan perawatan secara rutin dengan berkonsultasi ke dokter sangat dianjurkan. Melakukan konsultasi ke dokter THT akan sangat membantu menjaga kesehatan terutama telinga anda. Selain itu juga bisa mencegah timbulnya penyakit telinga yang kita tidak sadari. (Fitri Nursiyami)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.