oleh

Seberapa Penting Merawat Gigi?

Ilustrasi. (istimewa)
Ilustrasi. (istimewa)

Sejak kecil banyak orang tua yang senantiasa membiasakan buah hatinya untuk merawat gigi mereka. Namun ketika anak beranjak dewasa, kebiasaan merawat gigi mulai ditinggalkan karena rasa malas ataupun kesibukan orang tersebut. Padahal, gigi adalah salah satu organ penting yang sarafnya terhubung langsung dengan otak dan saluran pernafasan.

Drg. Aris Munandar salah satu dokter gigi Rumah Sakit Islam Jakarta menjelasakan, bahwa merawat gigi perlu dilakukan sedini mungkin dan berkelanjutan secara konsisten. Langkah paling dasar melakukan perawatan gigi ialah menyikatnya minimal dua kali dalam sehari. Yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

BACA JUGA:  Istilah-Istilah Pinjaman Online yang Wajib Diketahui

Sikat gigi yang akan digunakan harus dipastikan bersih. Kemudian pilihlah pasta gigi yang mengandung flouride. Kegunaan flouride dapat membuat gigi lebih resisten terhadap kekeroposan atau menjaga gigi agar tidak berlubang.

Menjaga kebersihan gigi dapat berpengaruh langsung pada kesehatan pernafasan. Jika kebersihan gigi tidak dijaga, kuman akan berkembang biak dengan cepat. Menurut Aris kuman ini nantinya akan masuk ke rongga pernafasan dan menyerang paru – paru. Hal ini karena patogen yang muncul pada gigi bukan patogen yang sehat karena gigi yang kotor.

Selain menyikat gigi pada pagi dan malam hari, perawatan tambahan perlu untuk dilakukan. Dengan menggunakan obat kumur setelah menyikat gigi dapat membersihkan gigi lebih maksimal. Plak pada gigi dapat di bersihkandengan benang gigi. Mengunyah permen karet tanpa gula juga dapat meningkatkan aliran air liur yang dapat membersihkan partikel makanan dan asam penyebab kerusakan gigi.

BACA JUGA:  Filosofi Ngopi Bareng, Nikmat Tuhan Mana Lagi yang Kamu Dustakan?

Dokter yang tinggal di kawasanGrand Depok City ini menganjurkan untuk memeriksakan gigi secara berkala ke dokter gigi setidaknya enam bulan sekali. Segeralah memeriksakan gigi ketika mengalami rasa sakit yang berlebihan.

Beberapa langkah untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut ialah :

1. gigi dengan benar minimal 2 kali sehari; pagi sehabis sarapan dan malam sebelum tidur.
2. Jangan tunggu sikat gigi Anda mekar. Ganti sikat gigi setiap 3-4 bulan sekali.
3. Sebagai indera pengecap yang terbilang sensitif, lidah adalah bagian yang paling sering
terpapar makanan yang masuk ke mulut, karenanya rajinlah menyikat lidah
4. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride
5. Gunakan cairan antiseptik untuk berkumur setelah gosok gigi
6. Melakukan pemeriksaan berkala ke dokter gigi setiap enam bulan sekali.

BACA JUGA:  Hati-hati Jangan Jongkok di WC Duduk

Merawat kebersihan gigi haruslah dilakukan dengan kesadaran diri sendiri. Gigi yang bersih dan indah tentu akan menambah kepercayaan diri si pemiliknya.

Muhammad Sigit Prakoso

Komentar

Berita lainnya