Peningkatan Jumlah Jamaah Haji dan Umrah dari Tahun ke Tahun

Perkembangan teknologi informasi dan globalisasi seperti sekarang yang berkembang dengan semakin pesat. Seiring dengan bertambahanya populasi penduduk dunia yang cukup pesat mengakibatkan kecenderungan pasar potensial yang akan melakukan perjalanan, terlebih lagi perjalanan yang di lakukan bukan sekedar hiburan melaingkan memiliki tujuan tertentu yang akan membawa pengaruh yang cukup besar terhadap pribadi, kelurga maupun lingkunganya. Karena peningkatan ekonomi masyarakat Indonesia juga sehingga mendorong dan memicu masyarakat untuk melakukan traveling dan wisata islami seperti, melakukan perjalanan ibadah Haji dan Umroh.

Tour, jalan-jalan adalah salah satu kata yang cukup sering disebut oleh informan selain kata ibadah. Hal ini menunjukkan dekatnya hubungan antara ibadah haji/umrah dalam konteks kajian ini, dengan gaya hidup seperti tour, jalan-jalan. Terdapat gejala sosial-keagamaan di Indonesia yang sedang marak terjadi beberapa tahun terakhir ini. Gejala tersebut adalah semakin banyaknya perusahaan dan asosiasi travel yang menyelenggarakan jasa perjalanan umrah dan juga semakin banyaknya masyarakat yang menjalankan sebuah perjalanan haji menggunakan jasa travel penyelenggara ibadah haji dan umrah. Minat masyarakat semakin tinggi terutama kelas menengah muslim, terus tumbuh untuk melakukan wisata islami ..

Dalam situs haji Kemenag RI (www.haji.kemenag.go.id, 2012) disebutkan jika jumlah jama’ah haji dari Indonesia adalah yang paling banyak dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia yakni setiap tahunnya selalu memperoleh kuota hingga 200 ribu lebih jama’ah. Seiring dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi, jumlah jama’ah haji Indonesia semakin mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.. Hingga saat ini jumlah kuota jamaah haji 2017 di Indonesia menjadi 221 ribu jamaah. Hal ini menandakan bahwa peningkatan jamaah terus bertambah, yang sebelumnya kuota jamaah haji indonesia pernah di pangkas karena perluasan Masjidil Haram di tahun 2014-2016.

(Sumber: Kemenag RI)

Begitupun dengan Jamaah umrah Indonesia merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Menurut Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, jumlah visa umrah yang telah dikeluarkan untuk Indonesia pada 2016 mencapai 699,6 ribu jamaah, meningkat 7,2 persen dari tahun sebelumnya. Angka ini menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jumlah jamaah umrah terbesar ketiga di dunia..

(Sumber: Kemenag RI)

Kesimpulannya adalah perkembangan Jumlah jamaah haji dan umrah dari tahun ke tahun yang semakin meningkat dan pesat di Indonesia , di dukung dengan negara indonesia merupakan negara yang memiliki populasi penduduk muslim terbesar di dunia, maka tidak heran jika jumlah pengunjung yang ke tanah suci mekkah juga semakin banyak. Data-data di atas menunjukkan bahwa semakin tingginya minat orang indonesia yang melakukan perjalan ibadah haji dan umrah. Terlihat dari grafik penduduk Indonesia yang beragama Islam (muslim) yang melakukan perjalanan haji dan wisata umroh lebih tinggi dari negara lain.

Ditulis oleh: Musdalifah, Mahasiswi STEI SEBI Depok.

Comments

comments