Pentingnya Peran Orang Tua Menjaga Kesehatan Mental Anak

Pentingnya Peran Orang Tua Menjaga Kesehatan Mental Anak

DEPOKPOS – Kesehatan Mental yaitu dimana kondisi individu memiliki kesejahteraan yang tampak dari dirinya yang mampu menyadari potensinya sendiri, memiliki kemampuan untuk mengatasi tekanan hidup normal pada berbagai situasi dalam kehidupan sehari-hari.

Gangguan kesehatan mental merupakan suatu penyakit yang paling sering dialami oleh anak, khususnya remaja. Hal itu dikarenakan keadaan mental remaja pada masa ini terus mengalami peningkatan dan sangat mengkhawatirkan.

Bacaan Lainnya

Orang tua sangat berperan penting dalam Kesehatan mental seorang anak, dan perlu paham mulai dari masalah perilaku, emosi, belajar, sosialisasi dan ketika keseharian anak mulai terganggu, mengganggu fungsi perannya, konsentrasi belajarnya terganggu, sulit untuk mengendalikan emosi baik dirumah maupun sekolah.

Menurut Suteja (2019), dalam kehidupan sehari-hari, anak memiliki kewajiban untuk mematuhi perintah orang tua. Namun, dalam memenuhi keinginan orang tua, seringkali seorang anak justru merasa berada di bawah tekanan dan ancaman.

Selain itu, kebiasaan orang tua yang selalu merendahkan dan menjatuhkan anak juga dapat menjadi faktor pemicu lainnya yang berkaitan dengan kesehatan mental. contohnya Ketika seorang anak melakukan kesalahan, orang tuanya memarahinya dengan berkata kasar.

Lalu bagaimana cara menjaga Kesehatan mental anak?

Beberapa langkah cara menjaga Kesehatan mental anak yang perlu dipahami dan dilakukan oleh orang tua, yaitu:

1. Jalin hubungan yang baik dengan anak

Hubungan yang baik antara orang tua dan anak dapat mencegah anak mengalami kesehatan mental. Lakukanlah aktivitas bersama atau quality time yang menyenangkan, seperti membaca buku, menggambar, mewarnai, atau bermain. Kegiatan-kegiatan ini akan mempererat hubungan orang tua dengan anak.

2. Tingkatkan rasa percaya diri anak

Anak yang percaya diri cenderung dapat melakukan banyak hal dengan kemampuannya sendiri, selalu berpikir positif, dan memiliki kebanggaan atas dirinya sendiri. Agar anak bisa percaya diri, berikan ia kesempatan untuk melakukan banyak hal dan jangan melarangnya untuk bereksplorasi. Orang tua hanya perlu memberikan arahan, mendukung, dan mengingatkannya ketika ia salah.

3. Berikan perhatian dan kasih sayang penuh

Umumnya, seorang anak bisa mengalami gangguan mental karena merasa kurang diperhatikan dan diberikan kasih sayang oleh orang tuanya. Salah satu cara menjaga kesehatan mental anak adalah dengan memberikan perhatian dan kasih sayang penuh kepada anak

4. Bangun sebuah kepercayaan anak terhadap orang tua

Kunci utama menjaga kesehatan mental anak adalah dengan membangun rasa percaya anak terhadap orang tua. Hal ini penting dilakukan agar anak merasa berada di posisi yang aman dan memiliki tempat untuk bersandar serta berkeluh kesah, sehingga ia tidak tumbuh menjadi pribadi yang insecure.

5. Ajarkan anak cara untuk meredakan stres

Orang tua juga perlu memahami bahwa stres adalah hal yang normal terjadi, termasuk pada anak. Anak bisa saja stres akibat banyak tugas sekolah atau berselisih paham dengan temannya atau juga masalah lainnya. Nah, orang tua perlu mengajarinya cara meredakan stres agar ke depannya ia mampu menghadapi permasalahan yang terjadi pada dirinya.

6. Biasakan anak dengan pola hidup sehat

Fisik yang sehat juga berdampak baik pada mental anak. Jadi, anak selalu menerapkan pola hidup sehat agar kesehatan mentalnya tetap terjaga, Anak juga perlu aktif bergerak dengan rutin berolahraga. Anak bebas memilih olahraga apa pun yang ia suka, tetapi Anda juga harus memastikan olahraga yang dilakukan sesuai dengan usianya. Selain itu, pastikan juga anak mendapatkan tidur yang cukup.

Dalam menjaga kesehatan mental, peran orang tua sangatlah penting dalam Kesehatan mental anak karena mereka berperan sebagai penompang emosional, memberikan dukungan, dan menciptakan lingkungan yang aman dan stabil bagi pertumbuhan anak.

Gebby Melisca Darmala

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait