Ide dan Tips Menulis Ala Mahasiswa

DEPOKPOS – Sebuah tulisan tak akan lahir tanpa sebuah ide. Terus terang ide itu bisa muncul dari mana saja. Ketika anda makan, ketika anda ditilang polisi, bahkan di toilet pun ide itu akan datang. Permasalahannya adalah bagaimana kalau ide itu banyak dan tak bisa dieksekusi semuanya?

Lalu bagaimana caranya agar ide itu tidak lari atau meluap begitu saja? Tulis. Tulis dengan apapun yang kamu punya saat itu. Ponsel, catatan kecil, tissue makan dan sebagainya. Simpan ide-ide itu dan kelompokkan berdasarkan genre atau cerita. Suatu saat nanti dikala anda stuck maka baca kembali ide-ide yang sudah anda tulis tersebut, maka anda bisa dapat inspirasi dari sana.

Kali ini, saya akan beri tips menulis agar kita fokus untuk menyelesaikan tulisan kita. Berikut tipsnya:

  • Pikirkanlah ide tulisan yang akan anda buat. lalu segera tuliskan.
  • Buat kerangka tulisan. Biasanya kerangka hanya ada di dalam pikiran saja, tapi ada juga yang menuliskan kerangka tersebut. Hal ini perlu agar tulisan memiliki arah dan target.
  • Teruslah mengetik berdasarkan ide yang anda miliki. jangan lihat kebelakang apa yang telah anda ketik.
  • Abaikan jika ada yang salah baik dari segi struktur bahasa maupun ide.
  • Fokus pada target yang anda buat, jangan tergoda oleh godaan-godaan yang membuat anda menunda menyelesaikan tulisan anda.
  • Untuk mendukung poin no.3 anda juga bisa block semua kata dan ganti dengan warna putih saat anda mengetik pada Ms. Word, apa yang terjadi? anda tidak tahu, apakah yang baru saja anda tuliskan. Nantinya, akan membuat anda malas untuk mengeditnya.
  • Setelah anda merasa telah menyelesaikan tulisan anda, barulah anda ubah kembali tulisan anda menjadi warna hitam jika anda menggunakan cara no.5. Setelah itu baca kembali berulang kali dan perbaiki apa yang salah dan yang kurang enak dibaca.

Sekali lagi ingat, ide tanpa dieksekusi tak ada artinya. Kalau ada ide maka eksekusi saja ide tersebut. Persoalan bagus atau tidak kita lihat saja nanti.

John Wick tak pernah gagal dalam setiap tugasnya, karena ia orang yang fokus. Seorang penulis juga begitu, agar menulis lancar maka ia harus fokus dengan tulisannya. Kalau tidak fokus, maka hanya kegagalan yang akan diperoleh.

Penulis: Ajeng Leica Syaharani

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait