Perbedaan Wakaf dan Sedekah

DEPOKPOS – Wakaf dan sedekah merupakan suatu amal yang sangat dicintai oleh Allah Swt. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Islam mengajarkan umatnya untuk selalu berbuat kebaikan terhadap sesama.

Mereka yang melakukan wakaf dan sedekah tentunya akan mendapatkan pahala yang tak terkira. Maka tak heran jika umat Islam berlomba – lomba untuk melakukan wakaf dan sedekah selain untuk membantu sesama juga untuk mengejar pahala.

Wakaf dan sedekah memiliki persamaan yaitu sama – sama memberi, memberi kepada mereka yang membutuhkan. Wakaf dan sedekah juga dapat memberikan kebaikan, tak hanya menjadi tabungan di akhirat kelak tetapi juga menjadi kebaikan di dunia.

Masih banyak orang yang belum memahami apa itu sedekah dan apa itu wakaf, karena seringkali dianggap sama. Meskipun wakaf dan sedekah memiliki tujuan yang sama yaitu untuk membantu orang lain, namun tetap saja keduanya memiliki perbedaan.

Wakaf merupakan penyerahan harta kepada orang lain untuk dimanfaatkan demi kemaslahatan umat.

Contohnya ketika ada seseorang yang memiliki ladang kebun singkong, kemudian orang tersebut mewakafkan ladangnya kepada para fakir miskin. Ladang kebun singkong tersebut dirawat oleh ahlinya dan menghasilkan panen yang melimpah. Dari hasil panen yang telah terjual, uangnya diberikan kepada para fakir miskin.

Sedangkan sedekah merupakan suatu tindakan yang memberikan sebagian hartanya kepada orang lain dengan ikhlas semata – mata hanya untuk mengharap ridha Allah Swt.
Contohnya saat seseorang bersedekah dengan memberikan makanan dan minuman kepada 20 anak yatim piatu. Ketika anak – anak yatim piatu tersebut menghabiskan makanan dan minumannya, maka orang yang bersedekah akan mendapatkan pahala. Tetapi pahalanya hanya saat itu saja, artinya tidak ada lagi pahala setelahnya.

Dari pengertiannya saja sudah terlihat perbedaannya. Walaupun keduanya sama – sama memberikan harta, tetapi jelas ada perbedaan antara wakaf dan sedekah.

Wakaf artinya memberikan harta yang bersifat tetap dan akan selalu memberikan manfaat dari waktu ke waktu. Sedangkan sedekah artinya memberikan harta tetapi harta tersebut langsung habis manfaatnya sehingga manfaat sedekah tidak sampai dalam jangka panjang.

Manfaat antara wakaf dan sedekah ini lah yang berbeda. Sedekah untuk jangka pendek, sedangkan wakaf untuk jangka panjang dimana pahalanya akan terus mengalir.

Annisa Reka