Oase  

Ibadah dan Keajaibannya

DEPOKPOS – Ibadah merupakan suatu perbuatan yang dilakukan untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt. dengan mengerjakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Dalam Islam ibadah bukanlah semata – mata karena Allah Swt. tetapi manusialah yang membutuhkan ibadah. Mereka yang enggan untuk melakukan ibadah memiliki sebutan sebagai orang yang sombong.

Allah Swt. berfirman dalam QS. Adz – Dzariyat ayat 56 yang artinya “Tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.” Inilah tujuan Allah menciptakan jin dan manusia hanya untuk beribadah kepada-Nya tanpa menyekutukan-Nya.

Ibadah sendiri memiliki 2 macam yaitu ibadah mahdhah dan ibadah ghairu mahdhah. Ibadah mahdhah merupakan suatu ibadah yang pelaksanaannya telah ditentukan dan diatur oleh Al – Qur’an dan hadits. Contohnya seperti zakat, shalat, ibadah haji, puasa dan sebagainya.

Sedangkan ibadah ghairu mahdhah merupakan suatu ibadah yang berbentuk hubungan antara sesama manusia atau hubungan manusia dengan alam yang bernilai ibadah. Contohnya menyantuni anak yatim, menolong sesama, berbakti kepada orang tua dan masih banyak lagi.

Ibadah memiliki keajaiban yang tak biasa, di antaranya adalah :

Kedekatan dengan Allah Swt.
Dengan melaksanakan ibadah tentunya membuat diri kita semakin dekat dengan Allah Swt.

Pembersihan jiwa dan kesucian hati
Ibadah dapat membersihkan hati dari perasaan – perasaan yang buruk seperti iri dan dengki.

Pembentukan karakter yang baik
Ketika kita sering melaksanakan ibadah, tidak menutup kemungkinan membuat karakter yang kita miliki semakin baik setiap harinya.

Pengaruh positif bagi kesehatan mental dan fisik
Ibadah tentunya membawa pengaruh yang positif untuk kesehatan mental dan fisik. Seperti membaca Al – Qur’an yang membuat hati tentram dan damai serta gerakan – gerakan shalat yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Pengampunan dosa
Sering melaksanakan ibadah dapat membuat dosa – dosa menjadi gugur dan medapatkan pengampunan dari Allah Swt.

Ujian dan kesabaran
Naik turunnya iman tentu membuat ibadah menjadi ujian tersendiri baginya. Oleh karena itu harus dilakukan dengan kesabaran dan berkomitmen untuk istiqomah dalam melaksanakannya.

Peningkatan spiritualitas
Sering melaksanakan ibadah dapat meningkatkan keimanan yang ada dalam diri kita.

Dalam sisi kesehatan ibadah juga dapat memberikan kletenangan pikiran, dukungan sosial, pola hidup yang sehat, peningkatan kesejahteraan metal dan mendisiplinkan diri.

Annisa Reka